INVENTARISASI JENIS KUPU-KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA: RHOPALOCERA) DI BAGIAN BARAT PULAU SIMEULUE, PROVINSI ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

INVENTARISASI JENIS KUPU-KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA: RHOPALOCERA) DI BAGIAN BARAT PULAU SIMEULUE, PROVINSI ACEH


Pengarang

ZAHRATUL JANNAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1508104010066

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Biologi (S1) / PDDIKTI : 46201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian tentang inventarisasi jenis kupu-kupu (Lepidoptera: Rhopalocera) di bagian Barat Pulau Simeulue Provinsi Aceh telah dilakukan pada bulan Oktober 2019 sampai Maret 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode transek/jelajah. Pengkoleksian sampel kupu-kupu dilakukan pada empat kecamatan (Salang, Simeulue Barat, Simeulue Tengah, dan Alafan) dan tiga tipe habitat (semak, hutan, dan sepanjang alur sungai) selama 30 hari dari pukul 08.00-17.00 WIB dengan menggunakan jaring serangga. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 41 jenis kupu-kupu yang tergolong ke dalam empat famili, yaitu Nymphalidae (23 jenis), Papilionidae (7 Jenis), Pieridae (6 jenis), dan Lycaenidae (5 Jenis). Jenis kupu-kupu yang paling dominan dan tersebar pada semua tipe habitat adalah Junonia atlites, Ypthima pandocus dan Junonia almana. Sementara itu, juga ditemukan jenis kupu-kupu yang dilindungi yaitu Troides amphrysus di kecamatan Salang.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK