//

INVENTARISASI JENIS KUPU-KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA: RHOPALOCERA) DI BAGIAN BARAT PULAU SIMEULUE, PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAHRATUL JANNAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang inventarisasi jenis kupu-kupu (Lepidoptera: Rhopalocera) di bagian Barat Pulau Simeulue Provinsi Aceh telah dilakukan pada bulan Oktober 2019 sampai Maret 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode transek/jelajah. Pengkoleksian sampel kupu-kupu dilakukan pada empat kecamatan (Salang, Simeulue Barat, Simeulue Tengah, dan Alafan) dan tiga tipe habitat (semak, hutan, dan sepanjang alur sungai) selama 30 hari dari pukul 08.00-17.00 WIB dengan menggunakan jaring serangga. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 41 jenis kupu-kupu yang tergolong ke dalam empat famili, yaitu Nymphalidae (23 jenis), Papilionidae (7 Jenis), Pieridae (6 jenis), dan Lycaenidae (5 Jenis). Jenis kupu-kupu yang paling dominan dan tersebar pada semua tipe habitat adalah Junonia atlites, Ypthima pandocus dan Junonia almana. Sementara itu, juga ditemukan jenis kupu-kupu yang dilindungi yaitu Troides amphrysus di kecamatan Salang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KESAMAAN JENIS KUPU-KUPU (ORDO LEPIDOPTERA) HUTAN KEDAH DAN KAWASANPERKEBUNAN MASYARAKATDI KECAMATAN BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES (INTAN SULASTRI, 2021)

KEANEKARAGAMAN DAN DISTRIBUSI KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA : RHOPALOCERA) PADA PULAU-PULAU TERLUAR DI KABUPATEN ACEH JAYA (Muhammad Yusuf, 2019)

KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU (RHOPALOCERA) DI KAWASAN WISATA BEURAYEUN KECAMATAN LEUPUNG, ACEH BESAR (Muhammad Toha Putra, 2021)

JENIS-JENIS KUPU-KUPU PAPILIONIDAE DAN TUMBUHAN INANGNYA DI MATA IE ACEH BESAR (Oni Ardiani, 2015)

KEANEKARAGAMAN JENIS KUPU-KUPU DI KAWASAN KRUENG JRUE KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Paradis Syukur, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy