Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG BAGI SISWA KELAS IV SDN 12 BANDA ACEH
Pengarang
teungku nih arafah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0806104040053
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.152 3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Ketuntasan Belajar Siswa, Bangun Ruang
Pendekatan kontekstual merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa, sehingga dengan pendekatan ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan siswa dalam belajar, salah satunya adalah siswa kesulitan menentukan bagian-bagian kubus dan balok. Dari masalah tersebut, diadakan penelitian yang berjudul “Ketuntasan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Bagi Siswa Kelas IV SDN 12 Banda Aceh”. rumusan masalah dari penelitian ini “Apakah melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi bangun ruang di kelas IV SDN 12 Banda Aceh”. Sedangkan tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi bangun ruang di kelas IV SDN 12 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 12 Banda Aceh yang berjumlah 61 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas yang berjumlah 28 siswa. Untuk memperoleh data dilakukan penyebaran soal tes yang berbentuk isian. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan = 0,05. Setelah data diolah dengan menggunakan uji-t, diperoleh yaitu 5,48 1,70. Maka, dinyatakan ditolak sehingga diterima. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi bangun ruang di kelas IV SDN 12 Banda Aceh. Kesimpulan tersebut didasari dari nilai KKM yakni 65, adapun nilai ketuntasan siswa mencapai 92,86%.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH (Fatimah Wati, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 33 BANDA ACEH (Kurniawati, 2014)
PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)
HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV
SD NEGERI 18 BANDA ACEH (nur maulidawati, 2013)
PENERAPAN METODE DISCOVERY PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG DI KELAS V SDN 18 BANDA ACEH (AGUS KISTIAN, 2014)