KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG BAGI SISWA KELAS IV SDN 12 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG BAGI SISWA KELAS IV SDN 12 BANDA ACEH


Pengarang

teungku nih arafah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806104040053

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.152 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Ketuntasan Belajar Siswa, Bangun Ruang

Pendekatan kontekstual merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa, sehingga dengan pendekatan ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan siswa dalam belajar, salah satunya adalah siswa kesulitan menentukan bagian-bagian kubus dan balok. Dari masalah tersebut, diadakan penelitian yang berjudul “Ketuntasan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Bagi Siswa Kelas IV SDN 12 Banda Aceh”. rumusan masalah dari penelitian ini “Apakah melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi bangun ruang di kelas IV SDN 12 Banda Aceh”. Sedangkan tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi bangun ruang di kelas IV SDN 12 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 12 Banda Aceh yang berjumlah 61 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas yang berjumlah 28 siswa. Untuk memperoleh data dilakukan penyebaran soal tes yang berbentuk isian. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan = 0,05. Setelah data diolah dengan menggunakan uji-t, diperoleh yaitu 5,48 1,70. Maka, dinyatakan ditolak sehingga diterima. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi bangun ruang di kelas IV SDN 12 Banda Aceh. Kesimpulan tersebut didasari dari nilai KKM yakni 65, adapun nilai ketuntasan siswa mencapai 92,86%.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK