//

PENGARUH PENGATURAN JARAK LAMPU TERHADAP HASIL TANGKAPAN BAGAN APUNG DI PERAIRAN LEUPUNG, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Safri Ramadani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kecamatan Leupung merupakan salah satu Kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Aceh Besar. Alat tangkap yang digunakan di wilayah ini adalah pukat cincin (Purseseine) sebanyak 5 unit, bagan apung sebanyak 18 unit, jaring insang (Gillnet) sebanyak 4 unit, dan pancing (Handline) 3 unit. Pengoperasian bagan apung menggunakana energi alat bantu bersumber dari petromaks (lampu petromaks), jenis lampu ini dulu sangat populer, tetapi saat ini dianggap sangat tidak ekonomis, selain harga bahan bakarnya mahal, juga sulit di peroleh. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode rancang bangun alat, (experimental fishing). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif komperatif dengan mengumpulkan jenis data primer dan sekunder. Data primer yang dikumpulkan meliputi jenis dan jumlah hasil tangkapan dikumpulkan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap hasil tangkapan tersebut per hauling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perolehan hasil tangkapan total bagan pengaturan jarak lampu adalah 586,3 dan bagan biasa adalah 465,9. Sedangkan total hasil tangkapan per trip pada masing-masing bagan, jenis hasil tangkapan terbanyak bagan lampu didominasi oleh ikan teri sebanyak 259,5 kg dan ikan kembung sebanyak 108 kg. Sedangkan jenis hasil tangkapan terbanyak bagan biasa didominasi oleh ikan teri sebanyak 218,9 dan ikan lemuru sebanyak 80,4 kg. Hal ini menunjukkan bahwa bagan pengaruh jarak lampu dengan bagan biasa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil tangkapan. Kata Kunci: Pengaruh pengaturan jarak lampu, perairan Leupung, experimental fishing.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERLAKUAN WARNA LAMPU DAN JARAK TERHADAP HASIL TANGKAP BAGAN APUNG DI LEUPUNG, ACEH BESAR (Muhammad Najmi, 2020)

ANALISIS HASIL TANGKAPAN BAGAN APUNG DITINJAU DARI TEKNIK PENGOPERASIAN DI PERAIRAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR DAN LHOK KRUET, ACEH JAYA (Anggian Prawira, 2018)

IDENTIFIKASI ALAT BANTU PENANGKAPAN IKAN PADA BAGAN APUNG DI PERAIRAN LEUPUNG DAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR (FACHRUROZI AMIR, 2017)

OPTIMASI UNIT PENANGKAPAN BAGAN APUNG DI PERAIRAN KRUENG RAYA, ACEH BESAR (Mulana Ikramullah, 2018)

MODIFIKASI DAN REKONSTRUKSI ALAT BANTU CAHAYA PADA BAGAN APUNG DENGAN MENGGUNAKAN LED (Oka Aulia, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy