PENGARUH PERLAKUAN WARNA LAMPU DAN JARAK TERHADAP HASIL TANGKAP BAGAN APUNG DI LEUPUNG, ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH PERLAKUAN WARNA LAMPU DAN JARAK TERHADAP HASIL TANGKAP BAGAN APUNG DI LEUPUNG, ACEH BESAR


Pengarang

Muhammad Najmi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1311103010004

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (S1) / PDDIKTI : 54246

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kecamatan Leupueng merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Aceh Besar. Alat tangkap yang digunakan diwilayah ini adalah pukat cincin (Purseseine) sebanyak 5 unit, bagan apung sebanyak 18 unit, jaring ingsang (Gillnet) sebanyak 4 unit, dan pancing (Handline) 3 unit. Pengoperasian alat tangkap bagan apung selalu didukung dengan adanya alat bantu penangkapan yang memadai. Alat bantu penangkapan yang digunakan pada bagan apung umumnya adalah cahaya lampu. Lampu berfungsi sebagai alat penarik perhatian ikan dengan bantuan cahaya yang menerangi keseluruhan alat tangkap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rancang bangun alat, (experimental fishing). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif komperatif dengan mengumpulkan jenis data primer dan sekunder. Data primer yang dikumpulkan meliputi jenis dan jumlah hasil tangkapan dikumpulkan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap hasil tangkapan tersebut per hauling. Hasil tangkapan bagan apung selama penelitian sebanyak 1277.3 kg. Hasil tangkapan pada perlakuan lampu warna hijau sebanyak 683.7 kg. (53.53%). Hasil tangkapan pada pelakuan lampu warna putih sebanyak 593.6 kg (46.47%). Berdasarkan hasil uji T yang ditinjau dari bobot total hasil tangkapan selama penelitian memberikan hasil bahwa T hit (0.004) lebih kecil dari T tab 0.05 (T hit < T tab 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan lampu warna hijau dan lampu warna putih memberikan pengaruh yang nyata terhadap hasil tangkapan.

Kata Kunci: Pengaruh perlakuan warna lampu, perairan leupung, experimental fishing

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK