//

PENGARUH KUALITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SLTP NEGERI KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NUSI ANWAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas kepmimpinan kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru secara simultan terhadap prestasi belajar siswa SLTP Negeri Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru secara parsial terhadap prestasi belajar siswa SLTP Negeri Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hal ini dikarenakan tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai kualitas kepemimpinan, kecerdasan emosional guru dan prestasi belajar. Populasi pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI di SLTP Negeri 1 Calang, SLTP Negeri 1 Krueng Sabee, SLTP Negeri 2 Krueng Sabee, SLTP Negeri 3 Krueng Sabee yang melakukan pembelajarn tahun ajaran 2017/2018. Penarikan sampel untuk variabel kualitas kepemimpinan sekolah dan kecerdasan emosional guru dalam penelitian ini menggunakan sampel secara acak (Random sampling). Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SLTP Negeri Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya dengan memperoleh nilai Fhitung sebesar 15,815, sedangkan Ftabel pada tingkat signifikansi α = 5% adalah sebesar 3,284. Hal ini memperlihatkan, berdasarkan perhitungan uji statistik Fhitung menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel, dengan tingkat probabilitas 0.00. Sedangakan secara parsial membuktikan bahwa kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan kecerdasan emosi mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Khairani, 2013)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KUALITAS TIDUR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA SUBULUSSALAM (YULI DESTIANI, 2020)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI UNGGUL KOTA SUBULUSSALAM (M. Rizki Ramadhan, 2018)

HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS 24 ACEH BESAR (Desy Yusanti, 2016)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MTSN MEUREUDU RNKABUPATEN PIDIE JAYA (Idawati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy