//

ANALISIS KEBUTUHAN PEDESTRIAN PADA JALAN K.H. AHMAD DAHLAN KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE GREENSHIELD (PEDESTRIAN NEEDS ANALYSIS ON K.H AHMAD DAHLAN STREET BANDA ACEH CITY WITH GREENSHIELD METHOD)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SATRYA RIFQI HAWALI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jalur khusus pejalan kaki dalam istilah transportasi disebut dengan jalur pedestrian. Salah satu contoh jalur pedestrian adalah jalur pedestrian yang terdapat pada Jalan K.H. Ahmad Dahlan. Jalan tersebut merupakan jalan yang berada pada kawasan Pasar Aceh yang merupakan kawasan pusat perdagangan dan jasa di Kota Banda Aceh. Kegiatan di kawasan ini menimbulkan aktivitas pejalan kaki dengan intensitas yang cukup padat. sehingga perlu dilakukan penelitian agar diketahui apakah jalur pedestrian yang sudah ada dapat memenuhi kebutuhan pedestrian yang melewati jalur tersebut atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model hubungan antara kecepatan – kepadatan, volume – kepadatan, dan volume – kecepatan serta mendapatkan tingkat pelayanan trotoar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan langsung terhadap volume, dan waktu tempuh pedestrian pada Jalan K.H. Ahmad Dahlan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software microsoft excel dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan metode linear greenshield. Metode greenshield merupakan metode yang digunakan untuk mencari hubungan antara volume, kecepatan, dan kepadatan. Berdasarkan hasil pengamatan didapat bahwa volume pejalan kaki paling banyak terdapat pada Sisi Timur hari Sabtu. Hasil analisis dari model hubungan volume, kecepatan, dan kepadatan diketahui hanya model hubungan volume – kepadatan saja yang memiliki hubungan yang sangat kuat. Sedangkan untuk model hubungan kecepatan – kepadatan dan volume – kecepatan memiliki hubungan yang rendah. Tingkat pelayanan pada Jalan K.H. Ahmad Dahlan termasuk ke dalam LOS A, jadi dapat disimpulkan bahwa luas jalur pedestrian yang ada sudah mencukupi kebutuhan pedestrian yang berjalan pada jalur tersebut. Special pedestrian path in transportation terms are called pedestrian path. One example of a pedestrian path is the pedestrian path located on K.H. Ahmad Dahlan Street. The road is located in the Aceh Market area which is the center of trade and services in Banda Aceh City. Activities in this area increases the pedestrian activities with sufficiently dense intensity therefore a research is needed to determine whether the existing pedestrian pathway can meet the pedestrian needs that pass through the path or not. This study aims to obtain the relationship model between speed – density, volume – density, volume – speed and obtain the level of sidewalk service level. This research was conducted using the method of direct observation of the volume, and pedestrian travel time on K.H. Ahmad Dahlan Street. Data processing is performed using Microsoft Excel software and data analysis technique used in this study is the linear greenshield method. The greenshield method is a method used to obtain the relationship between volume, speed, and density. Based on observations obtained, the most volume of pedestrians is found on the East Side Saturday. The results of the analysis of the relationship model of volume, speed, and density are known only the volume-density relationship model with a very strong relationship. While for the velocity-density and volume-speed relationship model has a weak relationship. Sidewalk service level on K.H. Ahmad Dahlan Street was included in LOS A therefore it can be concluded that the existing pedestrian path area is sufficient to meet the pedestrian needs that run on that path.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA TINGKAT PELAYANAN JALUR PEDESTRIAN DI JALAN K.H. AHMAD DAHLAN BANDA ACEH (Nuzula, 2014)

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN KEPENTINGAN PENGGUNA FASILITAS JALUR PEDESTRIAN BERDASARKAN ASPEK SAFETY, HEALTH, AND ENVIRONMENT DI KAWASAN PASAR ACEH, BANDA ACEH (ANALYSIS OF USER SATISFACTION AND IMPORTANCE LEVEL OF PEDESTRIAN PATH FACILITIES BASED ON SAFETY, HEALTH, AND ENVIRONMENT ASPECTS IN PASAR ACEH AREA, BANDA ACEH) (Dian Firouza Meutia, 2020)

PENATAAN RUANG TERBUKA PUBLIK SEBAGAI JALUR PEDESTRIAN MALL DI KOTA LANGSA (STUDI KASUS JALAN REL KERETA API KOTA LANGSA) (Ahmed Reza, 2016)

ANALISIS KINERJA JALAN SATU-ARAH PADA RUAS JALAN K.H. AHMAD DAHLAN KOTA BANDA ACEH (DALAM KONDISI EKSISTING DAN KONDISI MERUBAH POLA PARKIR MENJADI PARALEL SERTA MERELOKASI PKL) (T. AULIA AKBAR, 2015)

PENGARUH MANUVER PARKIR KENDARAAN TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DI JALAN K.H. AHMAD DAHLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UNDERWOOD (Cut Fahra Marissa, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy