//

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AULIA RAHMI - Personal Name

Abstrak/Catatan

v ABSTRAK Stres merupakan respon individu terhadap suatu kesulitan atau tekanan. Salah satu stressor yang cukup potensial dari segi akademis bagi mahasiswa adalah skripsi. Pengerjaan skripsi tidak jarang menjadi suatu beban bagi mahasiswa karena menyita waktu, energi, dan uang dalam pengerjaannya. Stres yang melebihi kapasitas yang dimiliki mahasiswa dapat mempengaruhi kesehatan, kompetensi, dan prestasi akademik mahasiswa. Salah satu upaya untuk mencegah dampak buruk yang dapat ditimbulkan akibat stres adalah dengan memberikan dukungan sosial. Dukungan sosial dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah serta berperan dalam menurunkan tingkat stres yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan tingkat stres mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala dalam mengerjakan skripsi dengan teknik penelitian total sampling. Tingkat stres mahasiswa diukur dengan menggunakan kuisioner Perceived Stress Scale (PSS) dan dukungan sosial diukur dengan kuisioner Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat stres yang paling banyak dialami oleh mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala dalam mengerjakan skripsi adalah tingkat stres sedang (67.7%) dan mayoritas mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala menerima dukungan sosial yang cukup dalam mengerjakan skripsi (75.0%). Pada penelitian ini ditemukan adanya hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat stres mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala dalam mengerjakan skripsi (nilai p < 0.05). Kata kunci : Stres, dukungan sosial, mahasiswa keperawatan, skripsi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT STRES DAN STRATEGI KOPING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RAHMATUR RAUDHA, 2016)

TINGKAT STRES MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI TOEFL SEBAGAI SYARAT MENGIKUTI UJIAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (CATURI YUNNI NOESIKA, 2016)

HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Arif Zailani Siregar, 2013)

PERBEDAAN STRES MAHASISWA PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASISRNKOMPETENSI DAN KURIKULUM BERBASIS ISI FAKULTAS KEPERAWATANRNUNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH 2014 (Cut Sarach, 2014)

HUBUNGAN STRES BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Novita Haryanti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy