//

POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA YANG MENIKAH DINI DI DESA MATANG NEUHEUN KABUPATEN ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rita Zahara - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rita Zahara. 2019. Pola Pengasuhan Anak dalam Keluarga yang Menikah Dini di Desa Matang Neuhen Kabupaten Aceh Timur, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd., (2) Dina Amalia, S.Psi., M.Sc Kata kunci: Pengasuhan Anak, Keluarga yang Menikah Dini, Desa Matang Neuhen, Kabupaten Aceh Timur Pola asuh adalah sistem atau cara yang diterapkan oleh orang tua dalam kehidupan sehari-hari terhadap anak, termasuk pola interaksi antara anak dan orang tua selama dalam pengasuhan. Pernikahan dini mengharuskan ibu yang relatif muda untuk menghadapi kehidupan rumah tangga dan bertanggung jawab memberikan pengasuhan kepada anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengasuhan anak dalam keluarga yang menikah dini di Desa Matang Neuheun, Kabupaten Aceh Timur. Metode penelitian dalam penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah empat pasangan yang menikah pada usia dini dengan kriteria menikah pada usia di bawah 25 tahun, maksimum usia pernikahan 5 tahun dan memiliki 1 atau 2 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan anak dalam keluarga yang menikah dini di Desa Matang Neuheun, Kabupaten Aceh Timur terdapat perbedaan diantara keempat responden. Pada pola pengasuhan secara otoriter terdapat pada R1 dan R4, dikarenakan responden ini sering menghukum anak dengan hukuman fisik, seperti memukul, mencubit mengurung anak di kamar. Pola pengasuhan secara demokratis selama ini diterapkan oleh R3, dikarenakan responden ini menuruti segala permintaan anaknya dan pola pengasuhan secara permisif diterapkan oleh R2 yaitu memberikan kebebasan pada anak-anaknya, menuruti segala keinginan anaknya dan memberikan pujian apabila anak mendapatkan prestasi. Kesimpulan penelitian ini adalah pola pengasuhan yang diterapkan oleh orangtua yang menikah dini di Desa Matang Neuheun, Kabupaten Aceh Timur bervariasi yaitu otoriter, demokratis, dan permisif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA PENGASUHAN ANAK DI PANTI ASUHAN SOS CHILDREN’S VILLAGE DESA LAMREUNG KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (LISA KISMA HAYATI, 2020)

HUBUNGAN POLA PENGASUHAN DENGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM KELUARGA NELAYAN DI GAMPONG ALUE AMBANG KECAMATAN TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA (YUNI RATNA SARI, 2021)

POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI (Siti Khatijah, 2016)

PERAN AYAH PADA PENGASUHAN ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Maisyarah, 2017)

POLA ASUH ANAK KELUARGA PETANI (STUDI KASUS DI GAMPONG ULEE TANOH KECAMATAN TANAH PASIR KEBUPATEN ACEH UTARA) (ahmad muhajir, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy