//

IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA KAMPUNG OLEH PEMERINTAH KAMPUNG DI KAMPUNG GUMPANG LEMPUH KECAMATAN PUTERI BETUNG KABUPATEN GAYO LUES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Laela Fitriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dana kampung merupakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dana kampung merupakan salah satu wujud dari program Presiden Jokowi untuk pemberdayaan desa di cantumkan dalam nawacita ke-3 Presiden Jokowi yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI, dan hal ini dimuat dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa. Oleh karena itu dalam implementasi pengelolaan dana kampung, pemerintah kampung selaku pemegang wewenang harus mengelola dana kampung sesuai asas pengelolannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pengelolaan dana kampung oleh pemerintah kampung di Kampung Gumpang Lempuh Kecamatan Puteri Betung Kabupaten Gayo Lues dan kendalanya dalam dalam pengelolaan dana kampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara informan-informan yang telah di tentukan sebelumnya dengan teknik purposive sampling dan data skunder diperoleh dari buku, skripsi, jurnal, peraturan perundang-undangan dan bahanbahan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pengelolaan dana kampung di Kampung Gumpang Lempuh Kecamatan Puteri Betung Kabupaten Gayo Lues belum sepenuhnya maksimal dijalankan, hal ini dilihat dari aspek prioritas dan partisipasi masyarakat kampung masih rendah. Selain itu, kurangnya koordinasi antar perangkat kampung sehingga mengakibatkan seringnya terjadi konflik internal antar perangkat dan pergantian perangkat. Sedangkan mengenai kendala dalam pengelolaan dana kampung tidak banyak kendala, tetapi lebih mengacu pada komunikasi dan sumberdaya yang masih minim. Disarankan semua pihak saling bekerja sama dalam pengelolaan dana kampung dengan berlandaskan asasasas pengelolaan keuangan desa guna mewujudkan good governance atau tata kelola pemerintahan yang baik. Kata Kunci : Implementasi, Dana Kampung, Pemerintahan Kampung

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANAN PERANGKAT KAMPUNG DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN KAMPUNG (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES) (KASMAWATI, 2018)

PENGELOLAAN DANA KAMPUNG BERBASIS TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE) DI KABUPATEN GAYO LUES (ARMAN, 2019)

IDENTIFIKASI INSEKTA DIURNAL DI PERKEBUNAN KAMPUNG PADANG KECAMATAN TERANGUN KABUPATEN GAYO LUES (Maspira, 2020)

INVENTARISASI PALEM DI KAMPUNG PENOSAN SEPAKAT KECAMATAN BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES (Burhanuddin, 2013)

TANGGUNG JAWAB KEPALA KAMPUNG DALAM MENETAPKAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA KAMPUNG MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (SUATU PENELITIAN DI KAMPUNG TUNGEL KECAMATAN RIKIT GAIB KABUPATEN GAYO LUES) (Hendra Kusuma, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy