PERBANDINGAN RISIKO CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN SALMONELLA SP. PADA ABDOMEN AYAM DAN ALAS KANDANG SEBAGAI INDIKATOR SANIASI KANDANG. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN RISIKO CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN SALMONELLA SP. PADA ABDOMEN AYAM DAN ALAS KANDANG SEBAGAI INDIKATOR SANIASI KANDANG.


Pengarang

PUTI RATU LOEMAYANG - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1602101010110

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Pendidikan Kedokteran Hewan (S1) / PDDIKTI : 54261

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PERBANDINGAN RISIKO CEMARAN BAKTERI Escherichia coli DAN Salmonella sp. PADA ABDOMEN AYAM DAN ALAS KANDANG
SEBAGAI PARAMETER SANITASI KANDANG


ABSTRAK

Sanitasi yang kurang baik dari manajemen peternakan terutama dalam menjaga kebersihan alas kandang dapat mengakibatkan cemaran Escherichia coli dan Salmonella sp. meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan risiko cemaran bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. pada abdomen ayam dan alas kandang. Sampel yang digunakan terdiri dari 20 sampel swab abdomen ayam dan 4 sampel swab alas kandang yang dimasukkan ke dalam Nutrient broth dan diinkubasi selama 24 jam, dan kemudian di tanam pada media Eosin Methylene Blue Agar (EMBA) dan diinkubasi lagi selama 24 jam. Dan koloni yang tumbuh dideteksi, dari 24 sampel yang diperiksa terdapat 1 sampel positif Escherichia coli dan 7 sampel yang positif Salmonella sp.. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa cemaran bakteri Salmonella sp. lebih tinggi dibandingkan dengan cemaran bakteri Escherichia coli baik pada abdomen ayam mapun alas kandang. Tercemarnya ayam dan alas kandang oleh bakteri Escherichi coli dan Salmonella sp. diakibatkan oleh penerapan sanitasi yang tidak sesuai prosedur.
Kata kunci: Alas kandang, Escherichia coli, Salmonella sp., sanitasi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK