//

PENIALAIN KEANDALAN BANGUNAN GEDUNG PUSKESMAS DI KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AMTSAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tesis Penilaian Keandalan Puskesmas di Kabupaten Bener Meriah Amtsal 1704201010054 Jurusan Teknik Sipil Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala Abstrak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah bagian dari sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting. Kabupaten Bener Meriah memiliki 13 (tiga belas) unit bangunan puskesmas yang tersebar di 10 (sepuluh) kecamatan, dimana 3 (tiga) unit merupakan puskesmas perawatan yaitu Puskesmas Perawatan Lampahan, Puskesmas Perawatan Bandar dan Puskesmas Perawatan Buntul. Kontruksi bangunan merupakan beton bertulang berlantai dua dengan usia bangunan lebih dari 30 (tiga puluh) tahun. Dengan demikian penilaian keandalan bangunan puskesmas sudah selayaknya dilakukan agar tingkat keamanan pemakainya tetap terjamin dan fungsional bangunan dapat terwujud, sesuai dan selaras dengan lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kelayakan, keandalan dan urutan prioritas penanganan pemeliharaan ketiga bangunan puskesmas perawatan tersebut. Penilaian keandalan dilakukan dengan pengamatan visual mengacu pada peraturan yang berlaku dan data diolah menggunakan statistik deskriptif. Selain itu juga dilakukan pengujian hammer test untuk menilai keandalan struktur bangunan yang ada. Skala prioritas pemeliharaan bangunan puskesmas ditentukan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan kriteria yaitu tingkat kerusakan bangunan, status bangunan, jumlah penduduk dan luas wilayah pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian, nilai keandalan bangunan gedung Puskesmas Perawatan Lampahan 62,86% (tidak andal), Puskesmas Perawatan Bandar 65,44% (tidak andal), Puskesmas Perawatan Buntul 63,12% (tidak andal). Hasil perhitungan skala prioritas, Puskesmas Perawatan Lampahan menjadi prioritas pertama penanganan pemeliharaan dengan nilai 0,439 selanjutnya Puskesmas Perawatan Bandar dengan nilai 0,401 dan Puskesmas Perawatan Buntul dengan nilai 0,209. Kata Kunci : keandalan; bangunan gedung; puskesmas; AHP

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGETAHUAN IBU TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT SEBELUM DAN SETELAH PENYULUHAN DI POSYANDU PUSKESMAS BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN 2013 (Ria Zahriati, 2016)

EVALUASI PEMELIHARAAN GEDUNG TERMINAL PENUMPANG PELABUHAN UJUNG BARU BELAWAN MEDAN (MUHAMMAD ADITIA RUSALI, 2014)

KAJIAN KESESUAIAN PENGGUNAAN LAHAN DENGAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KABUPATEN BENER MERIAH (Sylvia Zahara, 2016)

PENILAIAN KERENTANAN BANGUNAN AKIBAT GEMPA: STUDI KASUS BANGUNAN TEMPAT TINGGAL DI KABUPATEN BENER MERIAH (Thifal Ufairah, 2020)

PENILAIAN KEANDALAN BANGUNAN GEDUNG (STUDI KASUS : HOTEL MAHARA, TAKENGON - ACEH TENGAH (SYUKRI INDRAWANSYAH, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy