//

HUBUNGAN ANTARA MENTAL TOUGHNESS DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA PELAJAR PESANTREN MODERN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYIFA SAFIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Mental toughness merupakan kemampuan yang dimiliki oleh individu dalam menghadapi stressor, tekanan, dan tantangan agar dapat mencapai tujuan yang dimiliki. Individu dengan mental toughness yang tinggi akan mampu mengatasi berbagai macam tuntutan dan tekanan yang akan dihadapinya, diantaranya adalah tuntutan yang akan ditemui dalam bidang pendidikan, seperti prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mental toughness dengan prestasi akademik pada pelajar pesantren modern. Sejumlah 335 pelajar yang terdiri dari 219 perempuan dan 116 laki-laki dengan rentang usia 12-18 tahun telah dipilih sebagai sampel penelitian dengan teknik purposive sampling. Mental Toughness Questionnaire-18 (MTQ-18) digunakan sebagai alat ukur mental toughness, sedangkan prestasi akademik diukur melalui nilai rapor pelajar di Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan, dengan nilai signifikansi (p)= 0,011 dan koefisien korelasi (r)= 0,139, yang artinya semakin tinggi tingkat mental toughness maka akan semakin tinggi pula prestasi akademik yang diperoleh. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengaruh variabel mental toughness hanya sebesar 1,9% terhadap prestasi akademik pelajar. Disisi lain, juga ditemukan bahwa mayoritas pelajar pesantren berada pada kategori sedang, baik untuk mental toughness maupun prestasi akademik, yaitu sebanyak 272 (81,2%) subjek untuk mental toughness dan prestasi akademik sebanyak 233 (69,6%) subjek. Kata kunci: Mental Toughness, Prestasi Akademik, Pelajar Pesantren

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA SMA DI BANDA ACEH (Siti Farah Wahyuni, 2019)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN ANGKA KESAKITAN SANTRI DI PESANTREN MODERN DARUL ULUM BANDA ACEH TAHUN 2012 (Ananda Putri Phonna, 2014)

HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNSYIAH ANGKATAN 2014 (ZULFAN, 2016)

MOTIVASI BELAJAR PENJASORKES PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN AL-FALAH ABU LAM URN KABUPATEN ACEH BESAR (Basirun Nazir, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MAKAN PAGI DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA USIA 10-12 TAHUN DI MIN RUKOH BANDA ACEH TAHUN 2014 (Muhammad Iqbal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy