//

ANALISIS FAKTOR - FAKTOR DOMINAN PEKERJAAN ULANG (REWORK) PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang zulfikar - Personal Name
SubjectBUILDINGS - CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Dalam proses pekerjaan sebuah proyek konstruksi, biasanya mempunyai rencana dan jadwal pelaksanaan tertentu. Pembuatan jadwal dan rencana proyek selalu mengacu pada kondisi anggapan dan perkiraan setelah survey dilapangan. Anggapan dan perkiraan dilapangan bisa menimbulkan masalah apabila terjadi ketidaksesuaian saat pelaksanaan proyek konstruksi. Salah satu masalah yang akan terjadi didalam proyek konstruksi adalah pekerjaan ulang. Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah faktor-faktor dominan pekerjaan ulang apa saja yang terjadi pada proyek gedung di Kota Banda Aceh. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dominan yang disebabkan oleh faktor-faktor sumber daya yang menyebabkan pekerjaan ulang. Penelitian ini hanya dibatasi pada faktor sumber daya yang meliputi : subfaktor tenaga kerja, material, dan peralatan beserta pekerjaan awal proyek hingga pekerjaan finishing. Ruang lingkup penelitian ini dilakukan pada proyek yang dikerjakan pada tahun 2013 di Kota Banda Aceh berupa proyek Baitul Mal Aceh, Gedung Serba Guna, Pembangunan Gedung Taman Baca Masyarakat Poltabes Banda Aceh, Pembangunan Asrama Polisi Punge Ujong, dan Pembangunan Gedung Asrama Mahasiswa Unsyiah. Pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuisioner sebanyak 5 kuesioner yang diberikan langsung kepada site manajer. Pengolahan data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, rata – rata hitung. Berdasarkan hasil analisa, kelima proyek konstruksi menunjukkan ada terjadinya pekerjaan ulang. Pekerjaan ulang terbesar terjadi pada pekerjaan; beton bertulang (60%), pekerjaan lantai (60), pekerjaan instalasi listrik (60%), dan pekerjaan finishing (80%). Faktor - faktor dominan pekerjaan ulang yang disebabkan oleh faktor sumber daya adalah pada faktor tenaga kerja; kurangnya pengalaman kerja (4), pada faktor material; material terkirim tidak sesuai dan pengiriman bahan yang terhambat (2,2), sedangkan faktor peralatan; kurang mencukupi peralatan (2,2). Kata kunci: Rework, proyek, sumber daya, konstruksi gedung.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR - FAKTOR DOMINAN PEKERJAAN ULANG (REWORK) PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI BANDA ACEH (zulfikar, 2014)

KAJIAN PENYEBAB TERJADINYA PEKERJAAN ULANG (REWORK) PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Rizal, 2018)

FAKTOR-FAKTOR IMPLEMENTASI GREEN CONSTRUCTION PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI PROVINSI ACEH (TARMIZI, 2021)

PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (RIFAT ADITYA HAWARI, 2020)

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MUTU PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI PROVINSI ACEH MENURUT PERSEPSI PELAKSANA KONSTRUKSI (Rizki Aryanda, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy