//

POLA DAN KEPEKAAN BAKTERI TERHADAP ANTIBIOTIK PASIEN INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK) DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018 - 2019

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SANGAPNI KIRANA BERAMPU - Personal Name

Abstrak/Catatan

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada organ saluran kemih akibat adanya invasi oleh mikroorganisme, umumnya disebabkan oleh bakteri. ISK merupakan jenis penyakit infeksi kedua yang paling sering terjadi pada manusia. Sasaran terapi pada ISK adalah mematikan mikroorganisme penyebab infeksi dengan menggunakan antibiotik. Resistensi antibiotik menjadi permasalahan yang cukup serius di bidang kesehatan sehingga menjadi hambatan dalam penatalaksaan ISK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis bakteri dan pola kepekaan antibiotik dari spesimen urin pasien ISK. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif retrospektif berdasarkan data sekunder dari laporan hasil pemeriksaaan kultur urin periode Januari 2018 hingga Desember 2019 di Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 154 pasien ISK terdapat 133 pasien (86,4%) dengan bakteriuria positif yang menjadi sampel penelitian. Pasien ISK terbanyak adalah perempuan sebanyak 75 orang (56,4%) dan pasien dengan rentang usia 56-66 tahun yaitu 37 orang (27,8%). Hasil pemeriksaan kultur urin menunjukkan bakteri terbanyak yang terisolasi adalah Eschericia coli sebanyak 54 isolat (38,6%), Klebsiella pneumoniae sebanyak 31 isolat (22,1%), dan Enterococcus faecalis sebanyak 20 isolat (14,3%). Pola kepekaan menunjukan bakteri gram negatif memiliki kepekaan yang tinggi terhadap antibiotik amikacin, sedangkan bakteri gram positif memiliki kepekaan yang tinggi terhadap antibiotik Linezolid. Kata kunci: Infeksi saluran kemih, antibiotik, pola kepekaan antibiotik, bakteri

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA DAN SENSITIVITAS KUMAN PENYEBAB INFEKSI SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2013 (Azzie Niazie, 2015)

PROFIL PASIEN, POLA BAKTERI DAN KEPEKAAN ANTIBIOTIK DARI SPESIMEN DAHAK PASIEN PNEUMONIA RSUDZA BANDA ACEH TAHUN 2018 (TALITHA LIONY, 2020)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI PENYEBAB INFEKSI NOSOKOMIAL SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IDEBINA PASLIKO, 2013)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI PENYEBAB INFEKSI NOSOKOMIAL SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Idebina Pasliko, 2016)

POLA KUMAN DAN SENSITIVITAS ANTIBIOTIK PADA ANAK PENDERITA INFEKSI SALURAN KEMIH DI RUANG RAWAT INAP ANAK RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Annisa Sarindah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy