PENGEMBANGAN BAG BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN BAG BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN


Pengarang

Kholida Munasti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Bag Book, Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan
Terkikisnya nilai karakter peduli lingkungan pada generasi muda saat ini merupakan hal yang sangat memprihatinkan. Kerusakan lingkungan sangat nyata terlihat, bahkan perlakuan yang tidak baik pada hewan juga sering dilakukan. Hal ini terjadi karena kurangnya sikap peduli dan mencintai lingkungan yang dikenalkan sejak dini. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menanamkan nilai karakter pada anak salah satunya dengan memfasilitasi media pembelajaran terkait perkembangan karakter peduli lingkungan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bag Book sebagai media pembelajaran pendidikan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) oleh Thiagarajan dengan 4 tahapan, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development level 1 yaitu melakukan penelitian tetapi tidak dilanjutkan dengan membuat produk dan tidak melakukan pengujian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi literatur, dan validasi untuk memperoleh penilaian dari ahli media dan ahli materi. Hasil Validasi media Bag Book oleh ahli media memperoleh skor akhir sebesar 100% dengan kategori sangat layak yang ditentukan oleh pengisian lembar instrumen penilaian khusus untuk ahli media yang menilai aspek edukatif, teknis, dan estetika, sedangkan oleh ahli materi memperoleh skor akhir sebesar 96% dengan kategori sangat layak yang ditentukan oleh pengisian lembar instrumen penilaian khusus untuk ahli materi yang menilai kesesuaian isi materi dengan media yang dibuat. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan ahli materi, maka dapat disimpulkan bahwa Bag Book yang dikembangkan sangat layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan nilai karakter peduli lingkungan untuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap validasi media, untuk tahap uji coba produk dan penyebaran akan dilakukan pada jenjang pendidikan berikutnya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK