//

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KUALITAS TIDUR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA SUBULUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YULI DESTIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal seperti fisiologis, psikologis, kondisi tubuh, dan faktor eksternal seperti keluarga, lingkungan, dan sekolah. Salah satu faktor psikologis dan fisiologis yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu kecerdasan emosional dan kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan kualitas tidur dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kota Subulussalam. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling dan simple random sampling pada bulan Desember 2019 dengan jumlah sampel 235 siswa. Pengambilan data kecerdasan emosional menggunakan kuesioner EQ-I ( Emotional Quotient Inventory), kualitas tidur dengan PSQI (The Pittsburgh Sleep Quality Index), dan prestasi belajar dengan nilai rapor. Analisis data menggunakan uji rank Spearman. Hasil analisis data di dapatkan kecerdasan emosional sangat tinggi 108 siswa (46 %) kualitas tidur baik 140 siswa (59,6 %) dan prestasi belajar baik 184 siswa (78,3 %). Hasil analisis data antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar diperoleh p value (0,001) dan r hitung (0,213) hal ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Kualitas tidur dengan prestasi belajar diperoleh p value (0,204) dan r hitung (-0,83) hal ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara kualitas tidur dengan prestasi belajar. Namun kedua variabel ini memiliki korelasi yang positif hal ini dapat dijelaskan semakin buruk kualitas tidur menyebabkan prestasi belajar semakin rendah. Kesimpulan pada penelitian ini kecerdasan emosional dan kualitas tidur mempengaruhi prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kota Subulussalam.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI UNGGUL KOTA SUBULUSSALAM (M. Rizki Ramadhan, 2018)

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 BANDA ACEH (Iwan Saputra, 2015)

PENGARUH KUALITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SLTP NEGERI KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA. (NUSI ANWAR, 2020)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Mukhlisah, 2016)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 RNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Maulana Agus Syahputra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy