HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KUALITAS TIDUR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA SUBULUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KUALITAS TIDUR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA SUBULUSSALAM


Pengarang

YULI DESTIANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1607101010046

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal seperti fisiologis, psikologis, kondisi tubuh, dan faktor eksternal seperti keluarga, lingkungan, dan sekolah. Salah satu faktor psikologis dan fisiologis yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu kecerdasan emosional dan kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan kualitas tidur dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kota Subulussalam. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling dan simple random sampling pada bulan Desember 2019 dengan jumlah sampel 235 siswa. Pengambilan data kecerdasan emosional menggunakan kuesioner EQ-I ( Emotional Quotient Inventory), kualitas tidur dengan PSQI (The Pittsburgh Sleep Quality Index), dan prestasi belajar dengan nilai rapor. Analisis data menggunakan uji rank Spearman. Hasil analisis data di dapatkan kecerdasan emosional sangat tinggi 108 siswa (46 %) kualitas tidur baik 140 siswa (59,6 %) dan prestasi belajar baik 184 siswa (78,3 %). Hasil analisis data antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar diperoleh p value (0,001) dan r hitung (0,213) hal ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Kualitas tidur dengan prestasi belajar diperoleh p value (0,204) dan r hitung (-0,83) hal ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara kualitas tidur dengan prestasi belajar. Namun kedua variabel ini memiliki korelasi yang positif hal ini dapat dijelaskan semakin buruk kualitas tidur menyebabkan prestasi belajar semakin rendah. Kesimpulan pada penelitian ini kecerdasan emosional dan kualitas tidur mempengaruhi prestasi belajar siswa SMA Negeri di Kota Subulussalam.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK