AKAN DIUPLOAD KE JURNAL PENDIDIKAN SAINS INDONESIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

AKAN DIUPLOAD KE JURNAL PENDIDIKAN SAINS INDONESIA


Pengarang

NINIS KHAIRUNNISA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103040047

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian yang berjudul tentang “Penerapan Video Pembelajaran Termokimia pada Peserta Didik Kelas XI MIA-I MAN 6 Aceh Besar”. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis aktivitas peserta didik, hasil belajar serta respon peserta didik setelah penerapan media video pembelajaran termokimia di kelas XI MIA-I MAN 6 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIA-1 MAN 6 Aceh Besar. Analisis data menggunakan rumus persentase menunjukkan bahwa persentase nilai hasil belajar peserta didik sangat meningkat dibandingkan sebelum dilakukan penerapan video pembelajaran. Hasil observasi aktivitas peserta didik meningkat secara signifikan yang terlihat pada persentase aktivitas dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat berturut-turut yaitu sebesar 76,52%, 83,33%, 85,83% dan 92,42%. Hasil belajar meningkat dan mencapai ketuntasan secara klasikal yang terlihat dari persentase ketuntasan hasil belajar yaitu sebesar 88%. Respon peserta didik terhadap penerapan media video pembelajaran pada materi termokimia juga menunjukkan respon yang positif dengan persentase sebesar 88,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan aktivitas peserta didik melalui penerapan media video pembelajaran mengalami peningkatan secara signifikan dan telah tuntas secara klasikal, serta respon yang diberikan juga positif, yang berarti bahwa peserta didik senang belajar menggunakan media video pembelajaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK