EVALUASI KINERJA VANET PADA BERBAGAI MODEL PROPAGASI MENGGUNAKAN SIMULATOR JARINGAN NS-3 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EVALUASI KINERJA VANET PADA BERBAGAI MODEL PROPAGASI MENGGUNAKAN SIMULATOR JARINGAN NS-3


Pengarang

Agus Nursalam Kitono - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0904105010051

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S1) / PDDIKTI : 20201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

621.384

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Jumlah kendaraan terus menerus bertambah, hal ini menyebabkan terjadinya kemacetan terutama di kota-kota besar. Salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan yaitu dengan memanfaatkan sistem VANET. VANET merupakan singkatan dari Vehicular Ad-Hoc Networks dimana setiap node dalam jaringan merupakan kendaraan seperti mobil. VANET bertujuan untuk menyediakan komunikasi antara kendaraan dan kendaraan atau vehicle to vehicle (V2V), antara kendaraan dan peralatan tetap di dekatnya atau vehicle to roadside unit (V2R). Dengan demikian kendaraan dapat saling bertukar informasi tentang kondisi lalu-lintas di sekitarnya. Informasi tersebut dapat berupa informasi kemacetan, kecelakaan dan informasi penting lainnya. Dengan adanya komunikasi tersebut maka sistem VANET ini dapat meningkatkan keselamatan lalu-lintas. Dalam penerapannya, kinerja jaringan VANET sangat dipengaruhi oleh model propagasi. VANET tidak dapat menggunakan model propagasi yang sama disetiap tempat, sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai propagasi terhadap kinerja VANET berdasarkan parameter throughput, packet-loss dan delay. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa model non-fading-urban, non-fading-rural, fading-nakagami-rural, dan fading-jakes-rural memiliki perbedaan jarak jangkau 80 sampai 130 meter untuk tiap model propagasinya. Untuk semua model fading-nakagami-urban jarak jangkau maksimal hanya 150 meter dan model fading-jakes-urban jarak jangkauan berkisar 140 – 250 meter.
Kata Kunci: kinerja, VANET, simulasi, propagasi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK