//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS VIII MTSN 4 RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Erniati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Erniati. 2020. Perbandingan Hasil Belajar IPS Terpadu Berdasarkan Tingkat Pendidikan Orang Tua Siswa Kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si (2) H. Daska Aziz, M. Pd., M.A Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, IPS Terpadu, tingkat pendidikan. Hasil belajar merupakan tingkat pengetahuan, sikap positif dan keterampilan yang diperoleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Tingkat pendidikan orang cukup mempengaruhi prestasi dan hasil belajar seorang siswa karena lingkungan keluarga merupakan tempat siswa memperoleh pendidikan pertamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan apakah hasil belajar IPS Terpadu berdasarkan tingkat pendidikan orang tua siswa kelas VIII terdapat perbedaan antara siswa dengan tingkat pendidikan orang tua tinggi dan siswa dengan tingkat pendidikan orang tua menengah. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh yang berjumlah 233 siswa dari 7 kelas. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa Simple Random Sampling yang diambil secara acak dari jumlah populasi keseluruhan yaitu 70 siswa kelas VIII sebagai objek. Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan statistik uji t, sehingga memperoleh nilai thitung = 0,91. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk sebanyak 68 dari tabel distribusi t, sehingga diperoleh nilai ttabel = 1,67. Hal ini sesuai dengan kriteria pengujian terima H0 jika thitung < ttabel selain dari pada itu terima Ha. Hasil pengolahan memperlihatkan bahwa, thitung < ttabel(thitung= 0,91 < ttabel = 1,67) sehingga H0 diterima. Hasi penelitian dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VIII MTsN 4 Rukoh Banda Aceh yang orang tuanya berpendidikan tinggi dengan yang orang tuanya berpendidikan menengah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII MTSN RUKOH DALAM MENULIS PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF (Jumiati, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MTSN RUKOH RNYANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK RNDENGAN MEDIA HANDOUT (Inggrid Kartika Ginarsih, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVENMENT DIVISION DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII MTSN 2 ACEH BESAR (Syafawi Jamil Berkat, 2019)

HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTSN 1 BANDA ACEH (Ichsan Firmansyah, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA POWER POINT SISWA KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH (Alfina Dwiyaniza, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy