//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURMANSYAH PUTRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Putra, Nurmansyah 2020. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Observation Learning dan Quantum Teaching Dalam Mata Pelajaran Geografi Kelas X IS SMA Negeri 16 Banda Aceh, Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : Drs . Abdul Wahab Abdi, M.Si (2) Dr. Alamsyah Thaher, M.Si Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, Observation Learning, Quantum Teaching, geografi Model pembelajaran dapat disebut sebagai rencana sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran geografi yang mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar menemukan hal-hal baru, bekerjasama, serta berani mengeluarkan ide dan gagasan adalah model pembelajaran Observation Learning dan model pembelajaran Quantum Teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Observation Learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dalam mata pelajaran Geografi di SMAN 16 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Observation Learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran geografi di SMAN 16 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X-IS yang berjumlah 43 siswa. Sampel dalam penelitian ini dua kelas yakni kelas X-IS 1 sebanyak 22 siswa dan kelas X-IS 2 sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 6,96 yang lebih besar dari ttabel = 1,68 pada taraf signifikansi 5% dengan peluang 0,95 dan dk = 41, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Observation Learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Mika Rona Adilla, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING DI SMPN 8 BANDA ACEH (Sarah Nadia, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Mita Prancinitia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy