//

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TERNAK KAMBING POTONG ABU AQIQAH DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang firdaus - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak.. Usaha peternakan kambing pada Abu Aqiqah merupakan salah satu usaha yang menekuni bidang pengemukan bakal kambing potong. Kambing yang diternak di sini bervariasi jenisnya yang bertujuan mendapatkan variasi harga yang ditawar. Dalam pengembangan usaha ternak kambing bukan tanpa masalah. Fenomena yang yang terjadi secara umum adalah disamping prospeknya yang baik tetapi memerlukan biaya yang tinggi untuk biaya produksi dan pembelian bakal kambing untuk diternak. Selain modal untuk mengembangkan usaha adanya faktor yang menjadi ancaman tersendiri bagi peternakan Abu Aqiqah yaitu perubahan lahan pertanian menjadi perumahan dan lainnya. Adapun dalam menjalankan usaha peternakan Abu Aqiqah juga mempunyai kelemahan berupa penyakit yang dapat menyerang ternak kambingnya. Penyakit yang menyerang ternak dapat mempengaruhi kondisi ekonomi usaha karena dalam penanganannya dibutuhkan biaya tambahan serta dapat mengurangi harga penjualan kambing tersebut. Selain penyakit kelemahan lain berupa kelangkaan bibit yang akan dipelihara kedepanya, hal ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan produksi usaha kedepan. Sehingga dibutuhkan suatu upaya penanganan untuk pengembangan usaha Abu Aqiqah. Tujuan penelitian ini ialah Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal pada usaha ternak kambing potong. Dan Mengidentifikasi strategi alternatif yang tepat untuk mengembangkan usaha ternak kambing potong. Berdasarkan hasil penelitian pada matrik total skor IFE yang dimiliki usaha ternak kambing Abu Aqiqah ialah 2,805 dan total skor EFE ialah 3,07. Sehingga titik koordinal yang ditunjukkan diatas ialah 2,805:3,07.Total dari matriks EFE mengambarkan respon yang diberikan lingkungan eksternal lebih kuat dalam memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman. bahwa kondisi usaha Abu Aqiqah berada pada sel II, yaitu kondisi tumbuh dan berkembang. Strategi yang dapat dijalankan adalah strategi intensif dan intergratif .Strategi yang menjadi prioritas utama yang dapat dilakukan oleh usaha Abu Aqiqah adalah meningkatkan modal guna mengembangakan teknologi.strategi tersebut merupakan strategi yang palik baik menurut penilaian STAS tertinggi 6,67. Meningkatkan modal usaha merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam mengembangkan usaha karena adanya proses yang dapat memudahkan usaha serta memudahkan dalam pemasaran . Dengan meningkatkan modal juga akan mendukung strategi-strategi yang lain seperti peningkatkan SDM tenaga kerja dalam hal penggunaan teknologi baru ,meningkatkan kapasitas pemasaran ternak . Semua strategi saling berkaitan dan dapat mendorong dalam upaya pengembangan usaha ternak kambing Abu Aqiqah kedepannya. Kata kunci :Strategi, Pengembangan, Faktor Internal, Faktor Eksternal,Ternak Kambing.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PELUANG DAN PROSPEK PENGEMBANGAN USAHA HANDBOUQUETFLOW DI DESA MEUNASAH PAPEUN KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Nadia Lismayeni, 2020)

EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHA TERNAK AYAM POTONG BROILER DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Ferizal, 2021)

PROSPEK DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TERNAK KAMBING PERAH (STUDI KASUS UD. PUNA FARM DI DESA LAMDURO KABUPATENACEH BESAR) (HARDIANSYAH, 2016)

SKALA USAHA YANG MENGUNTUNGKAN PETERNAK SAPI POTONG DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Rohana Niar Fitri, 2019)

ANALISIS KELAYAKAN USAHA TERNAK SAPI POTONG DI KECAMATAN MEURAH DUA, KABUPATEN PIDIE JAYA (MUHAMMAD IRFAN, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy