//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI IPS TERPADU DAN KEAKTIFAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKEN TRIANGLE DAN TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA VISUAL PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HARMAYUNITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Harmayunita. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Materi IPS Terpadu Dan Keaktifan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Broken Triangle dan Tipe Make A Match Berbantuan Media Visual Peserta Didik SMP 3 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : 1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si, 2) Novia Zalmita, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : perbandingan, broken triangle, make a match, hasil belajar, keaktifan Penelitian ini merupakan penelitian yang terkait dengan perbandingan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dari penerapan model pembelajaran kooperatif dengan dua tipe yaitu tipe Broken Triangle dan tipe Make A Match. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dengan materi IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Broken Triangle dan tipe Make A Match berbantuan media visual peserta didik SMP Negeri 3 Banda Aceh?. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dengan materi IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Broken Triangle dan tipe Make A Match berbantuan media visual peserta didik SMP Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel dua kelas dari kelas VIII yang berjumlah 64 peserta didik di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Sampel tersebut dipilih berdasarkan kelas yang cenderung memiliki kemampuan yang sama. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan untuk melihat hasil belajar adalah uji statistik parametrik dengan rumus t-test model polled varians, adapun kriteria uji jika thitung>ttabel, maka terima Ha dan sebaliknya. Hasil penghitungan diperoleh thitungZtabel, maka terima Ha. Hasil penghitungan diperoleh Zhitung>Ztabel (6,96>1,65) artinya terima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe Broken Triangle lebih aktif dibandingkan yang diajarkan dengan tipe Make A Match.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Cut Khairul Rizqa, 2020)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI LAMPEUNERUT ACEH BESAR (Cut Ati Rahmah, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (CUT JULITA ZAHARA, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DENGAN MAKE A MATCH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Rahmatul Husna, 2019)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS LV SD NEGERI 33 BANDA ACEH (nurul rahmah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy