//

HUBUNGAN POWER TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN KECEPATAN TENDANGAN PADA ATLET PENCAK SILAT BINAAN PPLP DAN PPLPD ACEH TAHUN 2019

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurherda Hertanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurherda Hertanti, 2019. “Hubungan Power Tungkai dengan Kemampuan Kecepatan Tendangan Pada Atlet Pencak Silat Binaan PPLP dan PPLPD Aceh Tahun 2019”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Saifuddin, M. Pd (2) Drs. Abdurrahman, M. Kes Kata Kunci: Power Tungkai, Kecepatan Tendangan Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga bela diri. Untuk menguasai pencak silat harus lebih utama melakukan latihan kondisi fisik. Kondisi fisik merupakan salah satu dominan dalam pencak silat. Kondisi fisik yang mendukung dalam olahraga pencak silat adalah kecepatan. Kecepatan dalam kondisi fisik olahraga pencak silat sangat dibutuhkan untuk kecepatan tendangan . Salah satunya tendangan sabit, tendangan sabit memerlukan kecepatan yang masiksimal untuk berupaya mendapatkan poin terbanyak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini 20 orang dan sampel juga berjumlah 20 yang diambil dengan total sampling. Pengumpulan data dilakukan tes power otot tungkai dan tes kecepatan tendangan para atlet baik tendangan samping, lurus dan tendangan sabit. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa power tungkai berpengaruh terhadap kemampuan kecepatan tendangan lurus karena nilai thitung lebih kecil dari ttabel, atau 0,00 < 1,734. Power tungkai berpengaruh terhadap kemampuan kecepatan tendangan samping karena nilai thitung lebih kecil dari ttabel, atau 0,38 < 1,734. Sementara power tungkai tidak berpengaruh terhadap kemampuan kecepatan tendangan sabit karena pengujian hipotesis menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel, atau 5,4 > 1,734. Simpulannya ialah power tungkai hanya memiliki pengaruh pada tendangan lurus dan samping, tetapi tidak pada tendangan sabit pada atlet pencak silat PPLP dan PPLPD Aceh, 2019.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KELINCAHAN TENDANGAN SAMPING DAN POWER OTOT LENGAN ATLET PENCAK SILAT UKM UNSYIAH TAHUN 2016 (Jufrianto, 2018)

EVALUASI KELINCAHAN TENDANGAN SABIT PENCAK SILAT ATLET BINAAN DISPORA ACEH TAHUN 2015 (Cut Juwita Isni, 2016)

PENGARUH LATIHAN KELENTUKAN TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN SABIT ATLET UKM PENCAK SILAT UNIVERSITAS SYIAH KUALA (IDRUS KAMAL, 2021)

KONTRIBUSI POWER OTOT LENGAN DAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN JUMP SERVICE ATLET BOLA VOLI PPLPD ACEH TAHUN 2019 (AFRIWAL RAHMAN, 2019)

HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN TENDANGAN LURUS PADA ATLET PENCAK SILAT KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (Santri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy