ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM SENI DIDONG GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM SENI DIDONG GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH


Pengarang

Rahmadani Fitri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101010017

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Subject
-
Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Fitri, Rahmadani. 2020. Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Seni Didong di Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing :
1) Dr. Sanusi, S.Pd., M.Si 2) Ruslan, S.Pd.,M.Ed
Kata Kunci : Nilai-Nilai Karakter, Seni Didong
Penguatan nilai karakter melalui seni didong yang dijadikan sebuah media untuk menanamkan nilai karakter dan mengaktualisasikan nilai-nilai karakter tersebut. Peneliti berupaya menganalisis nilai-nilai karakter yang ada dalam seni didong, penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai karakter apa saja yang terdapat dalam gerakan dan syair seni didong Gayo, (2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis penyampaian nilai-nilai karakter yang ada didalam seni didong kepada masyarakat, (3) untuk mendeskripsikan dan menganalisis kaitan nilai-nilai karakter pada seni didong Gayo dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan istrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam untuk mendapatkan data dilapangan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 (delapan) orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat nilai-nilai karakter didalam gerakan dan syair seni didong Gayo ini seperti, nilai Relegius, nilai rasa hormat (respect), nilai tanggung jawab (responsibility) dan nilai kepedulian (caring), (2) penyampaian nilai-nilai karakter kepada masyarakat merupakan tugas dari pada ceh didong melalui syair-syair didong yang menggunakan kata-kata kiasan dan sindiran-sindiran yang lembut, (3) kaitan nilai-nilai karakter dengan pelajaran PPkn dapat dilihat pada pembahasan civic disposition dimana civic disposition ini merupakan watak atau karakter dari warganegara, maka dari itu nilai-nilai karakter yang ada pada seni didong ini merupakan watak atau karakter dari masyarakat Gayo itu sendiri yang juga merupakan warganegara. Simpulan penelitian ini adalah adanya nilai karakter dalam seni didong, dalam penyampaian nilai karakter kepada masyarakat merupakan tugas ceh didong, nilai-nilai karakter berkaitan dengan civic disposition yang diterapkan dalam pembelajaran PPKn.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK