//

ANGKA PREVALENSI CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA TANGAN PEDAGANG DAGING AYAM BROILER DI DUA PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PANI NOVELIANI LUBIS - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sumber pencemaran Escherichia coli pada produk pangan salah satunya yang penting yaitu diakibatkan oleh kontaminasi tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cemaran dari tangan pedagang dan angka prevalensi cemaran bakteri Escherichia coli pada tangan pedagang daging ayam broiler di dua pasar tradisional Kota Banda Aceh dengan metode Replicate Organism Direct Agar Contact (RODAC). Sampel yang digunakan adalah 20 tangan pedagang daging ayam broiler. Tangan langsung ditempelkan pada media Eosin Methylen Blue Agar (EMBA) dan selanjutnya diinkubasi dengan suhu 37˚C selama 24 jam. Jumlah koloni bakteri yang tumbuh dihitung untuk mengetahui angka prevalensi. Dari 20 sampel tangan pedagang yang diperiksa, adanya cemaran Escherichia coli pada 9 sampel tangan pedagang. Dapat disimpulkan bahwa tangan pedagang daging ayam broiler tercemar Escherichia coli dengan angka prevalensi keseluruhan 45%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANGKA PREVALENSI CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA MEJA DAN PERALATAN PEDAGANG DAGING AYAM BROILER DI DUA PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (CHIARA GIRI PUSPA, 2020)

ANGKA PREVALENSI CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI TIGA PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (ERMA YUSINTHA RAMDHANIA, 2020)

JUMLAH CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH, BANDA ACEH (Dwi Rosa Selfiana, 2017)

PENGARUH TINGKAT CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI TERHADAP NILAI ORGANOLEPTIK PADA DAGING PAHA AYAM BROILER (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) (Sri Rezeki Handa Nuryani, 2017)

ISOLASI CEMARAN BAKTERI SALMONELLA SP. PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (NANDA FITRIA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy