//

ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK IKAN CAKALANG PADA PT ACEH LAMPULO JAYA BAHARI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Naziratil Husna - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengelolaan bahan baku pada industri perikanan cakalang penting untuk diperhatikan karena komoditi ikan cakalang memiliki stok yang melimpah. Keberhasilan suatu usaha bukan hanya diukur berdasarkan tingkat produksi dan keuntungan, namun hubungan kerja sama juga harus diperhatikan pada sistem rantai pasok. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui aliran produk, aliran keuangan dan aliran informasi rantai pasok ikan cakalang pada PT Aceh Lampulo Jaya Bahari serta untuk mengetahui kinerja rantai pasok ikan cakalang pada PT Aceh Lampulo Jaya Bahari.Metode yang digunakan untuk menganalisis aliran produk, aliran keuangan dan aliran informasi adalah analisis deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengukur kinerja rantai pasok adalah Supply Chain Operation Reference (SCOR). Pengukuran kinerja pada matriks SCOR dalam penelitian ini di dukung dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Objective Matrix (OMAX). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aliran produk, aliran informasi dan aliran keuangan pada PT Aceh Lampulo Jaya Bahari masih belum optimal karena kurangnya perencanaan pemasokan bahan baku, aliran informasi yang kurang memadai dan aliran keuangan dengan masa tunggu yang terlalu lama. Hasil pengukuran kinerja rantai pasok pada PT Aceh Lampulo Bahari terdapat 5 KPI yang berada pada kategori poor yaitu P.R.1, S.F.1, M.R.2, M.R.3 dan M.C.1. Total nilai performansi PT Aceh Lampulo Jaya Bahari berada pada kategori average dengan nilai index total mencapai 64,2. Kata Kunci: Rantai Pasok , Kinerja Rantai Pasok, SCOR, OMAX, Ikan Cakalang

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI EKSPOR IKAN TUNA (STUDI KASUS PT ACEH LAMPULO JAYA BAHARI) (Mira Chazinatuddini, 2018)

ANALISIS KINERJA RANTAI PASOK BERAS PADA KILANG PADI SKALA BESAR DI KABUPATEN BIREUEN (Naya Desparita, 2020)

ANALISIS RANTAI PASOK DAN NILAI TAMBAH KOPI ARABIKA MITRA CV. ORO KOPI GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Arwinsyah Malik, 2019)

MANAJEMEN RISIKO SISTEM RANTAI DINGIN BABY TUNA MENGGUNAKAN METODE FMEA DAN ISM (STUDI KASUS : PT. ACEH LAMPULO JAYA BAHARI - LAMPULO, KEC. KUTA ALAM, BANDA ACEH) (Aldary Rachmadi, 2017)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA IKAN CAKALANG DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA LAMPULO KOTA BANDA ACEH (MAY SETYO NINGSIH, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy