//

ANALISIS KOLIFORM DALAM SUSU KAMBING SEGAR SEBAGAI PARAMETER SANITASI DI PETERNAKAN A DAN B

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAKIYAH FITRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Koliform adalah salah satu kelompok bakteri yang digunakan sebagai indikator terhadap keberadaan dari polusi kotoran dan kondisi yang tidak baik. Terdapatnya koliform pada susu merupakan indikator adanya cemaran bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cemaran koliform dalam susu kambing segar yang digunakan sebagai parameter sanitasi di peternakan kambing perah A dan B. Penelitian ini menggunakan sampel susu kambing segar yang diperoleh dari dua peternakan kambing perah yaitu Abi Makmur Sentosa (A) dan CV. Adoe A (B). Penelitian ini juga menggunakan kuesioner sebagai data untuk menganalisis kondisi sanitasi serta higiene dari pemerahan pada setiap peternakan. Perhitungan jumlah mikroba dilakukan dengan metode Total Plate Count (TPC). Koliform dibiakkan dalam media Violet Red Bile Agar (VRBA) yang selanjutnya diinkubasi pada suhu 35-37oC dengan posisi terbalik. Hasil dari analisis data menggunakan Independent sample t-test menunjukkan perbedaan yang nyata tehadap jumlah koliform dalam susu kambing segar dari kedua peternakan dengan jumlah koliform pada peternakan (A) memiliki jumlah yang lebih tinggi dengan nilai 1,2 x 108 cfu/ml dibandingkan dengan peternakan (B) dengan nilai 4,2 x 106 cfu/ml. Ada perbedaan jumlah koliform dalam susu kambing segar dari kedua peternakan dengan jumlah koliform melebihi dari jumlah standar yang telah ditetapkan oleh Standar Nasional Indonesia (SNI) 7388: 2009. Kata kunci: Koliform, sanitasi, higiene, pemerahan, susu kambing segar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TOTAL KOLIFORM PADA SUSU SEGAR KAMBING PERANAKAN ETAWAH DI TIGA DESA DI KECAMATAN DARUSSALAM ACEH BESAR (Rahmadi, 2016)

ANALISIS KADAR LEMAK SUSU SEGAR KAMBING PERANAKAN ETAWA HASIL PEMERAHAN PAGI DAN SORE DI PETERNAKAN LAMTEUMEN BANDA ACEH (TARI UMAIRA, 2020)

JUMLAH CEMARAN TOTAL PLATE COUNT (TPC) DAN ESCHERICHIA COLI SUSU KAMBING SEGAR YANG BERASAL DARI USAHA TERNAK KAMBING PERAH DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (Ibnu Affan, 2017)

ANALISIS BAKTERIOLOGI SUSU KAMBING (Muhammad Ridho, 2014)

PERBANDINGAN TOTAL BAKTERI SUSU SEGAR KAMBING PERANAKAN ETAWA PADA PEMERAHAN PAGI DAN SORE DI PETERNAKAN DESA LAMTEUMEN KOTA BANDA ACEH (NADILA DWIPUTRI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy