//

UJI AKTIVITAS EKTSRAK ETANOL SAUN MALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RANI OKTARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Luka bakar disebabkan karena interaksi kulit dengan suhu tinggi seperti listrik, api, bahan kimia, dan radiasi yang dapat merusak kulit dan mempengaruhi seluruh sistem tubuh. Penelitian ini bertujuan melihat aktivitas ekstrak etanol daun malaka (Phyllanthus emblica) terhadap percepatan penyembuhan luka bakar pada tikus putih (Rattus norvegicus). Hewan coba yang digunakan 28 ekor tikus putih terbagi kedalam 4 kelompok perlakuan masing-masing 7 ekor tikus. Luka bakar dilakukan dengan plat besi berukuran 2x2 cm yang dihubungkan dengan solder listrik yang telah dipanaskan dan ditempelkan pada punggung tikus selama 5 detik sampai terbentuknya luka bakar derajat IIA. Kelompok P1 dioleskan akuades, kelompok P2 dioleskan gel ekstrak etanol daun malaka 5%, kelompok P3 dioleskan gel ekstrak etanol daun malaka 10%, kelompok P4 dioleskan gel BioplacentonĀ®. Data dianalisis dengan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Pemberian gel ekstrak etanol daun malaka konsentrasi 10% dapat mempercepat penyembuhan luka bakar ditandai dengan ukuran luka bakar mengecil dan penyembuhan yang cepat. Ekstrak etanol daun malaka berpotensi untuk dikembangkan sebagai gel dalam percepatan penyembuhan luka bakar. Kata kunci: Luka bakar, daun malaka (Phyllanthus emblica), tikus putih

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH GEL EKSTRAK ETANOL DAUN MALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA) TERHADAP JUMLAH SEL FIBROBLAS TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) YANG MENGALAMI LUKA BAKAR (Ajirni, 2020)

FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR (ROSMIANI, 2018)

EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN KIRINYUH (EUPHATORIUM ODORATUM L) TERHADAP PENYEMBUAHAN LUKA BAKAR PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Khairul Muzadin, 2016)

DISTRIBUSI JARINGAN KOLAGEN PADA PENYEMBUHAN LUKA BAKAR DERAJAT IIB MENGGUNAKAN SALEP DAUN KEDONDONG (SPONDIAS DULCIS F.) DENGAN BERBAGAI DOSIS PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS) (Mairiska Putri, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN ALBUMIN TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA INSISI PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (SARAH RAHMADANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Ā© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy