//

KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN KONTEKS KEBENCANAAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Fatimah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kecerdasan logis matematis siswa harus terus diasah dan dioptimalkan agar lebih bermanfaat bagi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa melalui Realistic Mathematics Education (RME) dengan konteks kebencanaan dan sikap siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methode, dengan desain pengumpulan dan analisis data menggunakan concurrent embedded strategy. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Banda Aceh yang dipilih berdasarkan pertimbangan sebagai salah satu yang termasuk kedalam Sekolah Siaga Bencana (SSB). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama pengumpulan data tentang kecerdasan logis matematis siswa yang diperoleh melalui analisis hasil tes dan wawancara, sedangkan tahap kedua diperoleh dari angket sikap “Mathematics Attitudes Questionnaire (MAQ)” yang sudah diuji validitas dan realibilitasnya. Hasil penelitian terhadap kecerdasan logis matematis siswa menunjukkan bahwa siswa yang dominan pada kecerdasan logis matematis mampu memperoleh hasil skor tes yang maksimal, sedangkan siswa yang kecerdasan logis matematisnya tidak dominan memperoleh hasil skor tes yang berbeda-beda untuk setiap indikator. Hasil penelitian terhadap sikap siswa pada tiga komponen yaitu komponen kognisi dengan aspek manfaat, komponen afektif dengan aspek kepercayaan diri, kecemasan, dan kesenangan, serta komponen behaviour dengan aspek motivasi. Pada tiga komponen tersebut, siswa yang dominan dan tidak dominan pada kecerdasan logis matematis menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan konteks kebencaan. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa pembelajaran melalui RME dengan konteks kebencanaan dapat menjadi solusi untuk mengasah dan mengoptimalkan kecerdasan logis matematis siswa baik di sekolah yang masuk dalam kategori SSB ataupun tidak. Selain itu, pembelajaran ini juga dilaksanakan sesuai dengan durasi waktu yang sudah ditetapkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kata kunci: Kecerdasan logis matematis, Konteks kebencanaan, Realistic Mathematics Education, Sikap siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KESADARAN SISWA SMP TERHADAP BENCANA (Yulinar Safitri, 2021)

KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA SMA (DECY PRAMITA SARI YUSNA, 2018)

KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI KELAS VII MTSN 4 BANDA ACEH (Aulia Putri Miranda, 2019)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KETERLIBATAN SISWA (STUDENT ENGAGEMENT) MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (LISA RAMADHANI, 2019)

PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 10 KOTA BANDA ACEH (Meutiara Dini Marpaung, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy