//

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA DI SMAN 3 PUTRA BANGSA 3 PUTRA BANGSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NITA SARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sari, Nita. 2020. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Instruction Unruk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa di SMAN 3 Putra Bangsa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Dr. A. Halim, M.Si., (2) Dr. Evendi, M.Pd Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Problem Based Instruction Model Problem Based Instruction merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah keseharian siswa (autentik) sebagai suatu konteks untuk belajar yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi awal di SMAN 3 Putra Bangsa, kemampuan pemecahan masalah fisika siswa rendah dan siswa menganggap fisika sebagai pelajaran yang sulit dimengerti. Maka perlu adanya model pembelajaran yang dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Instruction untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi Usaha dan Energi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X SMA Negeri 3 Putra Bangsa yang terdiri atas 64 orang siswa dan dibagi menjadi dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes (pretest dan posttest) dan angket respon siswa. Data hasil tes dianalisis dengan uji-t dan data dari angket respon dianalisis dengan analisis deskriptif (persentase). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil uji statistik setelah menggunakan model Problem Based Instruction diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,64 > 1,66, artinya ada pengaruh penggunaan model Problem Based Instruction untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa, (2) Hasil respon siswa terhadap model Problem Based Instruction sangat baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI) (Rahmad Fitra, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH BESAR (Jannati, 2016)

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SLTP NEGERI 10 BANDA ACEH (evi Dianti, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAHRN(PROBLEM BASED INSTRUCTION) PADA VOLUME BALOK DAN RNKUBUS DALAM SUBTEMA INDONESIAKU BANGSA YANG CINTA DAMAI DI KELAS V SDN 7 JULI RNKABUPATEN BIREUEN (KHALISA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy