//

ANALISIS KEBUTUHAN PARKIR PADA KAWASAN PASAR SAYUR PEUNAYONG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitria Rahmah - Personal Name
SubjectPARKING FACILITIES - AREA PLANNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kawasan Pasar Sayur Peunayong dengan daya tarik tinggi untuk dikunjungi oleh masyarakat Kota Banda Aceh dan sekitar memiliki kapasitas parkir yang terbatas. Kendaraan pengunjung diparkirkan semrawut pada tepi jalan akibat marka parkir yang tidak jelas, perilaku masyarakat yang kurang peduli terhadap larangan parkir dan kegiatan manuver kendaraan keluar dan masuk parkir menimbulkan kemacetan akibat kapasitas ruas jalan berkurang serta berpangaruh pada menurunya kinerja jalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan parkir saat ini, mengetahui kapasitas parkir yang tersedia berdasarkan asumsi, melakukan penataan parkir pada kawasan Pasar Sayur Peunayong dan desain off-street parking. Lokasi penelitian berada pada tepi ruas Jalan W.R. Supratman Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan pada hari Sabtu 12 April 2014, hari Kamis 17 April 2014 dan hari Senin 21 April 2014 pada pukul 07.00-19.00 WIB. Data yang diamati berupa kendaraan masuk ke lokasi parkir, kendaraan keluar dari lokasi parkir, kendaraan yang telah ada di lokasi parkir serta ukuran panjang dan lebar on-street parking. Metode yang digunakan yaitu metode berdasarakan selisih terbesar antara kedatangan dan keberangkatan. Hasil yang didapatkan berupa kebutuhan parkir maksimum pada hari Sabtu (12 April 2014), yaitu sepeda motor sebesar 101 kend/jam pada pukul 08.00-09.00 WIB dengan kapasitas 40 kendaraan, becak sebesar 28 kend/jam pada pukul 09.00-10.00 WIB dengan kapasitas 18 kendaraan, mobil penumpang/pick up sebesar 34 kend/jam pada pukul 08.00-09.00 WIB dengan kapasitas 28 kendaraan, dan truk sebesar 2 kend/jam pada pukul 09.00-10.00 WIB dengan kapasitas tidak disediakan. Lokasi on-street parking eksisting pada ruas Jalan W.R. Supratman dilakukan penataan ulang, sehingga kendaraan yang tidak tertampung direlokasi ke off-street parking. Off-street parking berada pada lahan kosong yang sebelumnya digunakan sebagai lapangan basket mengingat lahan tersebut tidak dipergunakan lagi. Kapasitas parkir truk tetap tidak disediakan karena SRP truk mengurangi kapasitas jalan namun untuk kegiatan logistik dapat beroperasi sebelum akitvitas pasar dimulai. Diharapkan pemerintah kota dapat merealisasikan penyediaan off-street parking dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai lahan tersebut.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR DI KAWASAN TAMAN SARI KOTA BANDA ACEH (Nur Wahida, 2018)

WILLINGNESS TO PAY TERHADAP AREA PARKIR VERTIKAL DI KOTA BANDA ACEH (Restu Rahmi, 2014)

EVALUASI PERMINTAAN DAN PERMASALAHAN PARKIR (STUDI KASUS PASAR ACEH KOTA BANDA ACEH) (Hilma Erliana, 2014)

EVALUASI KONDISI KOMPONEN FISIK, NON-FISIK SERTA PASAR PRASARANA BANGUNAN PASAR TERHADAP UPAYA RELOKASI PASAR SAYUR DAN BUAH PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (effan fahrizal, 2018)

PENATAAN RUANG TERBUKA PUBLIK SEBAGAI JALUR PEDESTRIAN MALL DI KOTA LANGSA (STUDI KASUS JALAN REL KERETA API KOTA LANGSA) (Ahmed Reza, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy