PENGUKURAN OVITRAP INDEX (OI) SEBAGAI GAMBARAN KEPADATAN NYAMUK AEDES SPP DI KECAMATAN SUKAJAYA KOTA SABANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGUKURAN OVITRAP INDEX (OI) SEBAGAI GAMBARAN KEPADATAN NYAMUK AEDES SPP DI KECAMATAN SUKAJAYA KOTA SABANG


Pengarang

Ade Ismanadia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Aedes aegypti merupakan vektor utama pembawa virus dengue yang menyebabkan penyakit Dengue Haemorrhagic Fever atau Demam Berdarah Dengue (DBD). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepadatan populasi nyamuk Aedes spp di Kecamatan Sukajaya Kota Sabang dengan menggunakan Ovitrap Index. Penelitian ini dilakukan dengan cara memasangkan perangkap telur (ovitrap) sebanyak 60 ovitrap dan diletakkan di luar ruangan (outdoor) pada setiap lokasi yaitu Desa Ie Meulee dan Desa Cot Ba’u sebagai desa yang terindikasi endemik DBD di Kecamatan Sukajaya Kota Sabang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 2 jenis larva Aedes yang terdapat di Kecamatan Sukajaya Kota Sabang yaitu Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Dari total ovitrap yang diletakkan selama penelitian rata-rata 28 ovitrap yang positif telur Aedes spp. Ovitrap index (OI) Aedes albopictus lebih tinggi (61%) dibandingkan OI Aedes aegypti (35,6%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kepadatan nyamuk Aedes albopictus lebih padat dibandingkan dengan Aedes aegypti dengan nilai OI Aedes albopictus berada di level 4 sedangkan nilai OI Aedes aegypti di level 3.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK