//

SIKAP MASYARAKAT TERHADAP KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TRIA MASEND VEGASARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kekerasan dalam rumah tangga tidak lagi menjadi ranah privat, tetapi menjadi permasalahan publik. Kasus kekerasan dalam rumah tangga tidak hanya berfokus pada pelaku dan korban, tetapi juga masyarakat yang memberikan pengaruh terhadap tatanan kehidupan. Pengetahuan dan perilaku masyarakat merupakan unsur penting dalam pencegahan dan penanganan kasus kekerasan dalam rumah tangga, sehingga diperlukan sebuah penelitian untuk mengetahui bagaimana sikap masyarakat terhadap kekerasan dalam rumah tangga. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan sikap masyarakat terhadap kekerasan dalam rumah tangga. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 348 orang laki-laki atau perempuan, berusia 20-60 tahun, serta menikah dan belum menikah dengan cara incidental sampling. Proses pengumpulan data menggunakan skala sikap masyarakat terhadap kekerasan dalam rumah tangga yang disusun oleh peneliti menggunakan aspek sikap menurut teori Azwar (2011) dan aspek Kekerasan dalam rumah tangga menurut teori Breiding (2015). Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap masyarakat terhadap kekerasan dalam rumah tangga cenderung memiliki sikap yang tidak setuju terhadap kekerasan dalam rumah tangga. Kata kunci: sikap masyarakat, kekerasan, rumah tangga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH (TEUKU M HAFIZH, 2018)

PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI WILAYAH HUKUM POLRES BENER MERIAH (Restu Putri, 2019)

PEREMPUAN DAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) (ANALISIS FENOMENOLOGI TERHADAP KDRT DI GAMPONG GEULUMPANG PAYONG KECAMATAN JEUMPA KABUPATEN BIREUEN) (Maya Syakila, 2021)

TINJAUAN KRIMINOLOGIS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA DIKABUPATEN PIDIE JAYA (Sarah Nadya, 2017)

PERANAN LEMBAGA KEPOLISIAN DALAM MENANGANI TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI WILAYAH KOTA TAKENGON (SUATU PENELITIAN DI POLRES ACEH TENGAH) (Daily Salfani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy