//

PELAKSANAAN PENGALIHAN NASABAH PENYIMPAN DARI BANK KONVESIONAL KE BANK SYARIAH (SUATU PENELITIAN DI PT. BANK ACEH SYARIAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DINA ROZANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dalam Pasal 18 ayat (1) Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 64/POJK.03/2016 tentang Perubahan Kegiatan Usaha Bank Konvensional Menjadi Bank Syariah disebutkan bahwa Bank Konvesional yang telah mendapatkan izin perubahan kegiatan usaha menjadi Bank Syariah wajib menyelesaikan hak dan kewajiban dari kegiatan secara konvesional paling lambat 1(satu) tahun terhitung sejak tanggal izin perubahan kegiatan usaha yang diberikan, namun dalam pelaksanannya pihak bank tidak dapat menyelesaikan hak dan kewajibannya, khususnya untuk melindungi nasabah penyimpan dalam peralihan status nasabah dari Bank Konvensional menjadi Bank Syariah sesuai jangka waktu yang diberikan Otoritas jasa keuangan. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pelaksanaan pengalihan nasabah penyimpan dari Bank Konvensional ke Bank Syariah, mengkaji dan menganalisis permasalahan yang timbul setelah perubahan dari Bank Aceh Syariah serta mengkaji dan menganalisis cara bank menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris, dimana data dalam penelitian skripsi ini diperoleh dari penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara membaca buku-buku, teks dan perundang-undangansedangkan penelitian lapangan dilakukan dengan cara mewawancarai informan dan responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pengalihan nasabah penyimpan dari Bank Konvensional menjadi Bank Syariah bahwa untuk mengejar target 1 tahun sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah dapat dilakukan dengan cara negative confirmationdimana apabila nasabah dalam jangka waktu yang ditentukantidak merespon atas pemberitahuan danpenawaran oleh bank, maka bank secara otomatis akan bertindak dalam melakukan perubahan rekening nasabah yang berbasis konvesional menjadi yang berbasis syariah secara sepihak. Permasalahan yang timbul dalam konfirmasi ini diantaranya adalah kurangnya sinerja antara Otoritas Jasa Keuangan dan pemerintah dalam membangun industri keuangan syariah dan kurangnya pemahaman nasabah dan masyarakat mengenai Perbankan Syariah serta pihak bank kesulitan dalam menghubungi nasabah. Cara menyelesaikan permasalahan yang ada Bank Aceh telah melakukan musyawarah antaranasabah dengan pihak bank untuk menanyakan kepada nasabah mengenai persetujuanatas perubahan sistem syariah., pihak bank melakukan alternatif lain yaitu memberikan informasi melalui media massa, surat kabar dan melalui media cetak maupun melalui media elektronik yang dapat memudahkan nasabah dalam mendapatkan informasi Disarankan kepada pihak bankuntuk mempersiapkan data base seluruh nasabah dengan baik, sehingga ketika dibutuhkan dalam kondisi khusus data base tersebut dapat digunakan dalam menemukan nasabah. Pihak bank harus sering untuk memberikan sosialisasi yang lebih intens kepada nasabah untuk meningkatkan pemahaman mengenai Perbankan Syariah.Dan pihak bank harus membuat kebijakan secara internal untuk mempertahankan nasabahnya agar nasabah tidak beralih dari Bank Aceh Syariah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CORPORATE REPUTATION DAN BRAND EQUITY PT. BANK ACEH SYARIAH DENGAN TRUST DAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Citra Muliani, 2019)

KEPUASAN NASABAH KARTUKREDIT CO-BRAND PT.BANK ACEH SYARIAH (JEN UTAMI RUKMANA, 2017)

ANALISIS PENGGUNAAN METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNING, AND CAPITAL (RGEC) DALAM MENGUKUR KESEHATAN BANK PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2012-2014 (MUHAMMAD KHALIL, 2016)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BAURAN PEMASARAN, DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI PT. BANK ACEH SYARIAH (Faiz Abrar, 2019)

ANALISIS PERBANDINGAN STABILITAS PERBANKAN SYARIAH DAN KONVENSIONAL DI INDONESIA (MUHAMMAD ICHSAN ADNAN, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy