//

STUDI KELAYAKAN EKONOMI PENINGKATAN JALAN T. ISKANDAR KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Zhafran - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Peningkatan ruas Jalan T. Iskandar Kota Banda Aceh dari tipe jalan 2/2UD menjadi tipe jalan 4/2D dapat memperbaiki kinerja jalan yang rendah saat ini. Rumusan penelitian ini adalah bagaimanakah nilai manfaat berupa penghematan biaya pemakai jalan (PBPJ) setelah dilakukan peningkatan ruas Jalan T. Iskandar, dan apakah peningkatan jalan tersebut dinilai layak berdasarkan aspek ekonomi. Adapun tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui nilai PBPJ per kendaraan pada tahun pertama setelah dilakukan peningkatan jalan berdasarkan nilai BOK dan nilai waktu perjalanan; untuk mengetahui besarnya nilai manfaat peningkatan jalan berupa nilai total PBPJ per tahun selama 20 tahun umur rencana; dan untuk mengetahui hasil evaluasi kelayakan peningkatan jalan berdasarkan aspek ekonomi dengan parameter: NPV; BCR; dan IRR. Batasan penelitian adalah : nilai biaya pembebasan lahan berdasar harga NJOP yang berlaku pada tahun penelitian ini; dan nilai biaya konstruksi adalah data sekunder. Hasil penelitian yang dicapai adalah: untuk segmen 01 nilai PBPJ per kendaraan jenis kendaraan sepeda motor (Rp.189,25); sejenis sedan (Rp.550,83); sejenis utiliti (Rp.520,23); bus sedang (Rp.2.566,40); bus besar (Rp.2.710,59); truk ringan (Rp.532,37); truk sedang (Rp.668,74); dan truk berat (Rp.1.038,23). Untuk segmen 02 nilai PBPJ per kendaraan jenis kendaraan sepeda motor (Rp.188,46); sejenis sedan (Rp.537,08); sejenis utiliti (Rp.510,67); bus sedang (Rp.2.552,48); bus besar (Rp.2.690,20); truk ringan (Rp.512,16); truk sedang (Rp.651,57); dan truk berat (Rp.991,38). Nilai total PBPJ per tahun yang diperoleh adalah bervariasi dan meningkat tiap tahunnya mulai tahun pertama sebesar Rp.6,61 milyar hingga tahun ke dua puluh senilai Rp.58,59 milyar. Hasil evaluasi kelayakan ekonomi terhadap rencana peningkatan ruas Jalan T. Iskandar diperoleh nilai parameter: NPV = Rp.15,59 milyar; BCR = 1,15; dan IRR = 11,75% dengan dengan tingkat suku bunga pinjaman (discount rate) 10% per tahun. Berdasar kriteria NPV > 0; BCR > 1; dan IRR > i; maka peningkatan jalan T. Iskandar adalah layak dari aspek ekonomi. Kata kunci: Peningkatan Jalan, BOK, PBPJ, NPV, BCR, IRR.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KELAYAKAN EKONOMI PENINGKATAN JALAN T. ISKANDAR KOTA BANDA ACEH (Muhammad Zhafran, 2020)

EVALUASI MANFAAT PEMBANGUNAN JALAN PAYA TUMPI – PAYA ILANG KOTA TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH (AHLANDI, 2014)

KELAYAKAN EKONOMI RENCANA PEMBANGUNAN JALAN KRUENG MEUSAGOP – TEUPIN MANE DARI ASPEK PRODUCER SURPLUS (MARWAN, 2018)

KAJIAN KELAYAKAN EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN BATAS KOTA TAPAKTUAN – BAKONGAN (Khuzaifah, 2017)

EVALUASI KEBUTUHAN, MANFAAT DAN KELAYAKAN ‎EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN ALTERNATIF DI KOTA IDI ACEH TIMUR (Zubir, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy