//

PENENTUAN LAPISAN SEDIMEN MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN PERBANDINGAN DENGAN HASIL CONE PENETRATION TEST (CPT) DI KECAMATAN KUTA ALAM, BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAIDINA GAMAL ABDEL NASEER - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian untuk menentukan lapisan sedimen menggunakan metode seismik refraksi dan perbandingan dengan hasil cone penetration test (CPT) telah dilakukan di Kecamatan Kula Alam, Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lapisan sedimen berdasarkan nilai kecapatan gelombang P yang di peroleh dari akuisisi data, pengolahan sampai interpretasi data seismik refraksi. Sedangkan pada cone penetration test (CPT) dilihat dari cone resistance (qc) dan friction ratio (Fr). Pengambilan data menggunakan 4 lintasan seismik refraksi dengan setiap lintasan menggunakan 24 geophone dengan jarak spasi antar geophone 3 dan 6 meter. Posisi offset 1 merupakan offset terjauh pada jarak -40 meter dan offset 6 di jarak 109 meter dan 178 meter, sehingga total panjang lintasan yaitu 149 meter dan 218 meter. Penelitian ini dilakukan menggunakan alat Seismograf PASI untuk proses akuisisi data dan perangkat lunak software ZONDST2D merupakan proses pengolahan data yang dihasilkan pada alat tersebut kemudian di analisis menggunakan perangkat lunak tersebut. Kemudian didapatkan model penampang 2D seismik refraksi pada tiap-tiap lintasan. Dilakukan perbandingan interpretasi dari seismik refraksi dan cone penetration test (CPT) menunjukkan pada daerah penelitian tersebut terdapat lapisan sedimen di bawah permukaan di Kecematan Kuta Alam. Namun, di kedua metode tersebut tidaklah sama dari hasil interpretasinya. Pada metode seismik refraksi terdapat 3 lapisan sedimen yang teridentifikasi berdasarkan nilai kecepatan gelombang P, pada lapisan pertama top soil, lapisan kedua sand gravel atau pasir berkerikil dan sand atau pasir, lapisan ketiga yaitu lapisan clay lempung. Hal tersebut menunjukkan perbedaan karakteristik di setiap metode untuk menentukan lapisan sedimen. Dan hasil yang didapatkan dari interpretasi kedua metode tersebut sama-sama menunjukkan lapisan sedimen. Didapatkan hasil bahwa tidak bisa dilihat kesamaan kedua data dari hasil tersebut karena tidak ada kecocokkan dan parameter dari keduanya juga berbeda. Kata Kunci: Motode Seismik Refraksi, Cone Penetration Test (CPT), Lapisan Sedimen, Perbandingan nilai

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN PADA AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN METODE GEOLISTRIK (Intan Maullida, 2016)

ANALISIS KARAKTERISTIK LAPISAN TANAH BERDASARKAN VP/VS RATIO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN MASW DI KECAMATAN TRIENG GADENG, PIDIE JAYA (Hari Apryana, 2017)

APLIKASI METODE SEISMIK REFRAKSI UNTUK INTERPRETASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DI WILAYAH PANTAI ACEH BARAT (STUD KASUS: DESA SUAK SEUKEE DAN SUAK PANTE BREUH) (INTAN MULIA SARI, 2018)

IDENTIFIKASI STRUKTUR DIBAWAH PERMUKAAN KOTA JANTHO ACEH BESAR BERDASARKAN KECEPATAN GELOMBANG PRIMER (VP) BATUAN SEBAGAI PENDUKUNG PEKERJAAN GOETEKNIK (Hendra Mahyudi, 2020)

PENGUKURAN DATA SEISMIK REFRAKSI DAN GELOMBANG PERMUKAAN (MASW) UNTUK IDENTIFIKASI LITOLOGI TANAH BERDASARKAN NILAI POISSON RATIO DI KECAMATAN JANGKA BUYA, PIDIE JAYA (Murhamma, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy