//

PENGARUH JENIS MIKORIZA DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) PADA TANAH ANDISOL BURNI TELONG KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AIDIL AULIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu kendala dalam pembudidayaan tanaman cabai merah (Capsicum annum L.) adalah rendahnya produktifitas tanaman cabai merah yang disebabkan oleh banyak faktor, salah satu diantaranya berkaitan dengan kesuburan tanah. Tanah Andisol adalah salah satu jenis tanah yang memiliki sifat khas dari tanah pada umumnya. Pemasalahan utama tanah Andisol saat ini yaitu retensi P yang tinggi (retensi fosfat > 85%) sehingga ketersediaan fosfat bagi tanaman cukup rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan ketersediaan P agar dapat dimanfaatkan oleh tanaman adalah dengan pemberian bahan organik seperti pupuk hayati mikoriza. Selain itu, faktor varietas juga dapat mempengaruhi produksi tanaman. Penelitian dilaksanakan di rumah kaca dan laboratorium fisiologi tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Syiah kuala Banda Aceh, penelitian di mulai bulan Juni sampai dengan November 2017. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 4 x 4 dengan 3 ulangan yang terdiri dari dua faktor perlakuan yaitu faktor I jenis Mikoriza (M) terdiri dari 4 jenis, yaitu Kontrol (tanpa mikoriza) (M0) , Mikoriza Glomus mosseae (M1), Mikoriza Gigaspora sp. (M2) dan Mikoriza Glomus mosseae + Gigaspora sp. (M3) serta faktor II varietas cabai (V) terdiri dari 4 jenis, yaitu Varietas PM99 (V1), Varietas Lado F1 (V2) , Varietas Balebat (V3) dan Varietas Laris (V4). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh varietas cabai, jenis mikoriza serta interaksi keduanya terhadap parameter pertumbuhan dan hasil tanaman cabai. Jenis mikoriza yang paling berpengaruh adalah jenis Mikoriza (M3) dan varietas yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman cabai adalah varietas (V3) dan varietas (V4). Sedangkan interaksi dosis mikoriza dan varietas terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai yang berpengaruh terdapat pada interaksi (M2)(V4), (M3)(V2) dan (M3)(V3).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI BEBERAPA JENIS MIKORIZA UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) PADA TANAH ANDISOL (AZMAN, 2020)

PENGARUH JENIS MIKORIZA DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) PADA TANAH ANDISOL BURNI TELONG KABUPATEN BENER MERIAH (AIDIL AULIA, 2020)

PENGARUH VARIETAS DAN JENIS MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI (CAPSICUM ANNUM L.) PADA TANAH ANDISOL (Wahyu Budianto, 2017)

PENGARUH VARIETAS DAN DOSIS MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI (CAPSICUM ANNUM L.) PADA TANAH ANDISOL (MIZAN MAULANA, 2016)

PENGARUH JENIS MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS CABAI PADA TANAH ANDISOL (Alfian Zabil Khodafi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy