//

TINGKAT BAHAYA EROSI PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KOTA SUBULUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Heriadi Dedek Sahputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat bahaya erosi pada perkebunan kelapa sawit di Kota Subulussalam. Metode penelitian menggunakan metode deskriftif yang didasarkan pada hasil pengamatan di lapangan dan analisis tanah di laboratorium. Erosi tanah dihitung dengan menggunakan persamaan Universal Soil Loss Equation (USLE) yang dikemukakan oleh Wischmeir dan Smith (1978). Metode USLE mengamati beberapa aspek seperti erosivitas, erodibilitas, faktor panjang dan kemiringan lereng, faktor pengelolaan tanaman dan tindakan konservasi. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu, persiapan, pengumpulan data, pelaksanaan lapangan, analisis laboratorium dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pada lokasi penelitian ini terdapat enam satuan peta lahan (SPL) dengan total luas 2437,83 Hektar. Erosi potensial tertinggi dijumpai pada SPL 2 yaitu sebesar 6762,10 ton ha-1 th-1 dan erosi potensial terendah dijumpai pada SPL 1 yaitu 172,01 ton ha-1 th-1. Erosi aktual tertinggi dijumpai pada SPL 2 yaitu sebesar 473,35 ton ha-1 th-1 dan erosi aktual terendah dijumpai pada SPL 5 yaitu 9,58ton ha-1 th-1. Terdapat 3 klasifikasi tingkat bahaya erosi yaitu tingkat bahaya erosi ringan (R) pada SPL 1, SPL 5, dan SPL 6, tingkat bahaya erosi sedang (S) pada SPL 3, dan tingkat bahaya erosi berat (B) pada SPL 2 dan SPL 4.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI BURUH PERKEBUNAN KELAPA SAWIT ASDAL PRIMA LESTARI, KOTA SUBULUSSALAM,1996-2012 (IDAWATI, 2015)

TINGKAT KEUNTUNGAN PETANI UNTUK KOMODITAS KELAPA SAWIT PADA SUB SEKTOR PERKEBUNAN RAKYAT DI PROVINSI ACEH (Wilda Nurbarri, 2020)

PREDIKSI TINGKAT BAHAYA EROSI DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (M HARIS SYAHPUTRA, 2018)

STATUS FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA (FMA) PADA BERBAGAI SISTEM PENGELOLAAN DAN UMUR TANAMAN KELAPA SAWIT (rossy armayani arman, 2015)

PEMETAAN POTENSI KONVERSI KAWASAN HUTAN MENJADI LAHAN KELAPA SAWIT DENGAN ANALISIS SPASIAL DI KABUPATEN BIREUEN (Naufal, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy