//

DAMPAK PERUBAHAN IKLIM DAN STRATEGI ADAPTASI PETANI KOPI ARABIKA DI KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syamratul Achwan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Strategi perubahan iklim dan adaptasi untuk petani kopi Arabika di Aceh Tengah Kabupaten; penelitian yang membahas dampak perubahan iklim pada pertanian kopi Arabika dan bagaimana strategi adaptasi petani kopi Arabika di Kabupaten Aceh Tengah. Itu Metode yang digunakan dalam teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan 40 orang sampel. Alat analisis adalah kuesioner yang diberikan kepada petani kopi arabika yang terlibat pertanian kopi. Dari hasil yang diperoleh, ada tiga kategori strategi adaptasi dilakukan oleh petani dalam mengatasi atau mengurangi risiko dampak dari perubahan iklim. Strategi-strategi ini termasuk membuat rorak (parit buntu), menanam tanaman pelindung dan melakukan konservasi air. Penelitian menunjukkan bahwa para petani dijadikan rorak secara manual dengan menggali lebar 3 x 1 meter dan dengan ketinggian 20-50 cm, kemudian galian rorak tanah digunakan sebagai gundukan tanah yang berfungsi untuk menampung air. Persentase tanaman pelindung ditanam oleh petani kopi di Kabupaten Aceh Tengah adalah: lamtoro (65%), alpukat (65%), jeruk kopyor (65%), nangka (47,5%), gayo tangerine (52,2%), pisang (55%), durian (52,5%), mahoni (60%) dan sengon (62,5%). Konservasi air dilakukan dengan kopi petani di Kabupaten Aceh Tengah adalah dengan membuat sumur resapan yang difungsikan sebagai cadangan air tanah dalam kekeringan panjang. Sebanyak 66,5% petani kopi di Aceh Kabupaten Tengah mengalami gejala perubahan iklim.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI DAN ADAPTASI PETANI KOPI ARABIKA TERHADAP PERUBAHAN IKLIM DI DATARAN TINGGI GAYO (AISYAH AMIRA GINTING, 2019)

ANALISIS PRODUKSI KOPI ARABIKA PADA BERBAGAI KETINGGIAN TEMPAT USAHA TANI KOPI DI KABUPATEN ACEH TENGAH (AHYAL MAULIDI, 2015)

DAMPAK PROFESI PETANI KOPI DALAM MENGURANGI KEMISKINAN PADA MASYARAKAT PETANI KOPI DI KABUPATEN ACEH TENGAH (MUHAMMAD DIMAS, 2020)

DAMPAK PENURUNAN HARGA KOPI TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI KOPI ARABIKA DI KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH (HAIRANI FITRI, 2020)

PERSEPSI PETANI KOPI ARABIKA TERHADAP PROGRAM SERTIFIKASI ORGANIK DI KECAMATAN ATU LINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH (Achmad Rizki, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy