MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR


Pengarang

LINDA ANDALIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200160041

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan penalaran matematis penting untuk menciptakan siswa yang dapat
menggunakan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari, serta dalam
berbagai ilmu pengetahuan. Kondisi di sekolah saat ini memperlihatkan bahwa siswa
masih mengalami kendala dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan
dengan kemampuan penalaran matematis, yang akhirnya berdampak pada rendahnya
hasil kemampuan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran
matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu Problem Based Learning. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis serta
minat belajar siswa melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat siklus yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas VIII-2
MTsS Lam Ujong Aceh Besar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes
kemampuan penalaran matematis, observasi aktivitas siswa, dan observasi aktivitas
guru. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan pengamatan yang dianalisis
secara kualitatif dan diuraikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian yang
diperoleh yaitu 1) kemampuan penalaran matematis siswa pada siklus I
mencapai ketuntasan klasikal sebesar 57,89% dan siklus II sebesar 63,16%.
Selanjutnya di siklus III ketuntasan klasikal meningkat menjadi 73,68% dan di siklus
IV meningkat lagi menjadi 84,21%. 2) Minat belajar siswa di seluruh siklus berada di
atas 75%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran
matematis dan minat belajar siswa meningkat melalui model Problem Based
Learning.
Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, minat belajar, Problem Based
Learning

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK