//

PENGARUH RIWAYAT PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DINI TERHADAP KONDISI SULIT MAKAN PADA BALITA DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aulia Dirma - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kejadian sulit makan pada anak Indonesia masih sering terjadi. Menurut penelitian yang dilakukan di Jakarta pada anak prasekolah usia 4-5 tahun, didapatkan prevalensi kesulitan makan sebesar 33,6% dan 79,2%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh riwayat pemberian ASI ekslusif dan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Dini terhadap kondisi sulit makan pada balita. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan cross-sectional, dimana teknik pengambilan sampel non probability sampling menggunakan metode acidental sampling. Data dianalisa menggunakan metode Chi-Square. Responden pada penelitian ini adalah Ibu yang mempunyai balita bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas Darussalam Aceh Besar. Selama penelitian ini berlangsung didapatkan sampel 93 responden dengan riwayat pemberian ASI Ekslusif yaitu 62 responden (66,7%), 40 responden (43%) dengan riwayat pemberian MP-ASI Dini, dan 41 responden (44,1%) didapatkan mengalami sulit makan. Mayoritas responden berpendidikan menengah yaitu 47 responden (50,5%) dan pekerjaan responden terbanyak adalah IRT yaitu 91 responden (97,8%). Hasil analisa riwayat pemberian ASI ekslusif terhadap kondisi sulit makan diperoleh p = 0,065 (p > 0,05) dan pengaruh riwayat pemberian MP-ASI terhadap kondisi sulit makan diperoleh p = 0,368 ( p > 0,05). Kesimpulan dari hasil analisis tersebut yaitu tidak terdapat Pengaruh riwayat pemberian ASI Eksklusif dan MP-ASI Dini terhadap kondisi sulit makan pada balita responden di Pukesmas Darussalam Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM (TRINITA SUKMA ZEGA, 2020)

HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 7 – 12 BULAN DI POSYANDU PUSKESMAS SINGKILRNKABUPATEN ACEH SINGKIL (Anna Mirah Putri, 2015)

HUBUNGAN JENIS PEMBERIAN MP-ASI DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA 6-12 BULAN DI PUSKESMAS DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR (Yusra, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU DENGAN PEMBERIAN MP-ASI PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (NURUL RACHMAH, 2016)

HUBUNGAN PEMBERIAN MP-ASI DINI HIPERALERGENIK DENGAN KEJADIAN ALERGI MAKANAN PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM (IRMA SURYANI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy