//

BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IDAWANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Informasi mengenai hubungan antara berpikir kreatif matematis siswa dan multiple intelligences masih terbatas. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat diselidiki melalui pengajuan dan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pengajuan dan pemecahan masalah matematika ditinjau dari multiple intelligences. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-kualitatif dengan metode concurrent triangulation strategy. Multiple intelligences siswa diidentifikasi melalui multiple intelligences profiling questionnaire VII (MIPQ VII). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diselidiki melalui soal tes dan wawancara semi terstruktur. Penelitian dilakukan terhadap 29 siswa di salah satu SMP di Banda Aceh. Data jawaban siswa berdasarkan hasil tes berpikir kreatif matematis dibandingkan dengan data hasil wawancara dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat beragam kecerdasan yang dimiliki oleh siswa SMP di Aceh. Sebagian besar siswa lebih kreatif menyelesaikan masalah daripada mengajukan masalah. Siswa yang dominan pada kecerdasan intrapersonal, kreatif mengajukan dan menyelesaikan masalah. Siswa yang dominan pada kecerdasan logis dan siswa yang dominan pada kecerdasan spasial kreatif menyelesaikan masalah namun tidak kreatif mengajukan masalah. Siswa yang dominan pada kecerdasan interpersonal kreatif mengajukan masalah namun tidak kreatif menyelesaikan masalah. Siswa yang dominan pada kecerdasan linguistik tidak kreatif baik mengajukan maupun menyelesaian masalah. Siswa perlu melakukan aktivitas pengajuan masalah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis mereka.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES (Risma Riza, 2017)

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUKRNMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF RNDAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (Jumiati, 2014)

TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN DAN PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI TIPE SOAL OPEN ENDED DI SMP (Rahmawati, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SEGIEMPAT BERBASIS PEMECAHAN DAN PENGAJUAN MASALAH UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP (LIZA INDRIYANI, 2020)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMPN 1 BANDA ACEH (RAUZATUL JANNAH, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy