//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARN BANGUN RUANG BERBANTUAN GEOGEBRA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURLISNA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kemampuan representasi matematis sangat dibutuhkan oleh peserta didik agar mereka mampu menyampaikan ide-ide matematis dalam berbagai cara. Untuk mempelajari bangun ruang, peserta didik harus mampu memvisualisasikan, membayangkan, dan menggunakan media untuk merepresentasikan objek dalam menyelesaikan masalah. Salah satu media pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman visual kepada peserta didik adalah GeoGebra. Kenyataannya, peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan bangun ruang. Hal ini disebabkan karena belum tersedianya perangkat pembelajaran bangun ruang yang mengacu pada kemampuan representasi matematis peserta didik. Beberapa penelitian telah mengembangkan perangkat pembelajaran bangun ruang, tetapi tidak mengacu kepada kemampuan representasi matematis peserta didik. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran berbantuan Geogebra melalui pendekatan matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes Kemampuan Representasi Matematis (TKRM) yang memenuhi kualifikasi valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yang meliputi 5 tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor untuk RPP adalah 4,77, LKPD adalah 4,57 dan TKRM adalah 4,63 dari skor maksimal 5. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat dapat diterapkan dan berada pada kategori sangat baik. Praktis terlihat dari hasil keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 85,1% dan hasil analisis respon guru mencapai kategori sangat baik. Selanjutnya efektif terlihat pada hasil respon peserta didik diperoleh persentase 88% dan hasil TKRM peserta didik yang mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Representasi matematis, Geogebra

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DI SEKOLAH DASAR (FATHIYA, 2021)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (LIZA RAHMAH, 2018)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA (Fajriati, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) (NANI SURYANI, 2018)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (MUHAMMAD RIDHA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy