HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POLI KLINIK SUB SPESIALIS BEDAH TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POLI KLINIK SUB SPESIALIS BEDAH TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH


Pengarang

Suriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1007101050076

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

613

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kualitas pelayanan merupakan inti kelangsungan hidup sebuah lembaga. Bentuk dan jenis pelayanan tergantung beberapa faktor seperti pengorganisasian, pelayanan, tujuan atau ruang lingkup kegiatan dan sarana pelayanan. Kepuasan pasien adalah perasaan pasien yang timbul akibat layanan pasien yang diperolehnya setelah dibandingkan dengan apa yang diharapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di poli klinik sub spesialis bedah RSDUZA Banda Aceh. Penelitian ini adalah analitik observasional dengan menggunakan rancangan cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien yang berobat di poli klinik sub spesialis bedah dengan metode consecutive sampling sebanyak 138 orang. Variabel penelitian kepuasan pasien dilakukan wawancara pada pasien dengan menggunakan kuisioner. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square. Jumlah pasien dengan Tingkat kepuasan (sangat puas) dijumpai di poli bedah Saluran cerna sebanyak 4 orang (11,76%). Kategori tingkat kepuasan sangat tidak puas terdapat di poli bedah plastik sebanyak 6 orang (33,33%). Di poli bedah onkologi dan poli bedah anak jumlah responden tingkat kepuasan yang sama dengan katagori puas sebanyak 8 orang (47,06%). Di poli bedah vaskular tingkat kepuasan kurang puas 7 orang (41,18%). Di poli bedah plastik tingkat kepuasan tidak puas dan sangat tidak puas yaitu sebanyak 6 orang (33,33%). Di poli bedah saraf jumlah pasien dengan tingkat kepuasan (puas) 7 orang (29,41%). Hasil analisis didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien (p-value = 0,000). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di poli klinik sub spesialis bedah RSUDZA Banda Aceh.

Kata Kunci: kepuasan, kualitas pelayanan, rumah sakit

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK