//

PEWARNAAN MOTIF BATIK DARI MEDIA BAHAN ALAM KULIT BAWANG MERAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JULIANI PASCA ZUMARNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

PEWARNAAN MOTIF BATIK ACEH DARI MEDIA BAHAN ALAM KULIT BAWANG MERAH Juliani Pasca Zumarni1, Mukhirah2, Rosmala Dewi2 Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, Indonesia Email: julianipascazumarni02@gmail.com ABSTRAK Kain batik telah menjadi salah satu seni yang dituangkan pada kain dengan motif yang memiliki arti atau ceritanya sendiri. Awalnya batik hanya menggunakan pewarna alami dari alam, seiring berjalannya perkembangan ilmu dan teknologi pewarna batik sudah berkembang dari pewarna sintetis yang mudah didapatkan. Pada penelitian ini peneliti bermaksud untuk membuat pewarna alami dari kulit bawang merah yang sangat mudah didapatkan dan diolah yang akan diaplikasikan pada bahan tekstil dengan teknik batik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah membuat pewarna tekstil alami yang didapatkan dari kulit bawang merah, diaplikasikan pada bahan tekstil dengan teknik pembatikan, dan untuk mengetahui tingkat kesukaan/respon responden terhadap pewarnaan alami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Masjid Raya sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan studi kepustakaan, observasi, dokumentasi, dan angket. Dari hasil analisis data responden memberikan tanggapan positif terhadap pewarnaan dari bahan alami kulit bawang merah yang diaplikasikan pada bahan tekstil dengan teknik batik. Penelitian menciptakan produk yaitu sehelai kain yang berukuran 210×105 cm dengan sentuhan motif batik Aceh. Langkah-langkah dalam pembuatan pewarna alami yang diaplikasikan pada tekstil dengan teknik batik yaitu diawali dengan menyiapkan segala alat dan bahan, membuat pewarna alami dengan proses ekstraksi perebusan, membuat desain motif batik, menyiapkan kain untuk pengaplikasian pewarna alami, memindahkan desain pada kain, proses mencanting, proses pewarnaan, proses fiksasi dan proses pejemuran. Hasil analisis tanggapan responden 91% responden menyatakan sangat suka dan suka dari hasil penelitian yaitu kain batik motif Aceh dengan pewarnaan alami Kata Kunci : Pewarnaan Bahan Alam, Motif Batik Aceh, Kulit Bawang Merah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOTIVASI USAHA HI BATIK DALAM MELESTARIKAN MOTIF BATIK ACEH (AMALIA SABRINA, 2019)

STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN USAHATANI BAWANG MERAH DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Nuni afrina, 2021)

EKSPLORASI WARNA ALAM SEBAGAI PEWARNA TEKSTIL YANG DIAPLIKASIKAN PADA TEKSTIL DENGAN TEKNIK JUMPUTAN (Devi Arini, 2018)

ANALISIS PERBANDINGAN PERMINTAAN BAWANG BOMBAI DAN BAWANG MERAH ACEH DI KOTA BANDA ACEH (TESSYA ASTARI, 2020)

ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH (ALLIUM CEPA) DI DESA LAM MANYANG KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Nurida Arafah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy