//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DENGAN INTEGRASI NILAI ISLAMI DI MTSS ULUMUL QURAN PAGAR AIR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jannatul Alyana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa. Namun saat ini kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebagian besar belum seperti yang diharapkan. Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat berkembang apabila permbelajaran yang dilaksanakan dikaitkan dengan kehidupan nyata yang dekat dengan siswa, salah satunya dengan pendekatan realistik yang mengintegrasikan nilai islami. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan matematika realistik yang mengintegrasikan nilai islami di MTsS Ulumul Quran Pagar Air. Penelitian ini menjalankan pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara bersama-sama dengan jenis penelitian triangulasi kongkuren. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII-1 di MTsS Ulumul Quran Pagar Air yang berjumlah 35 siswa, sedangkan untuk sampelnya satu kelompok yang dipilih secara acak dalam kelas tersebut yang berjumlah 7 siswa. Data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikumpulkan melalui hasil tes dan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berkembang secara bervariasi. Perkembangan indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah mengalami kenaikan secara bertahap. Namun untuk indikator memeriksa kembali terjadi penurunan pada pertemuan ketiga. Hal ini terjadi karena siswa tidak mengecek kembali informasi yang diberikan. Implikasi dari penelitian yaitu guru dapat memperluas integrasi nilai islami melalui pendekatan matematika realistik pada materi yang lain untuk menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RETENSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN INTEGRASI NILAI ISLAMI DI MTSS ULUMUL QURAN PAGAR AIR (Aulia Rahman, 2021)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI SPLTV KELAS X MAN 4 ACEH BESAR (CUT NADIA, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

HUBUNGAN MYOPIA YANG TIDAK DIKOREKSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA MTSS ULUMUL QURAN BANDA ACEH (FIRLLY FADJRIANSYAH ARIFIAN, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy