PERSPEKTIF ATLET TERHADAP PENERAPAN KALSIUM PADA ATLET PPLP DAN PPLPD CABANG OLAHRAGA KARATE PROVINSI ACEH TAHUN 2018/2019 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERSPEKTIF ATLET TERHADAP PENERAPAN KALSIUM PADA ATLET PPLP DAN PPLPD CABANG OLAHRAGA KARATE PROVINSI ACEH TAHUN 2018/2019


Pengarang

Immanuel Timanta Tambunan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104020010

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) / PDDIKTI : 85201

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Tambunan, Immanuel Timanta. 2019. Perspektif Atlet Terhadap Penerapan Kalsium Pada Atlet PPLP dan PPLPD Cabang Olahraga Karate Provinsi Aceh Tahun 2018/2019. Skripsi, Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreaksi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Nuzuli M.S. (2) Drs. Muhammad Jafar ,M.Pd.

Kata kunci: Kalsium, Perspektif Atlet, Karate.
Olahraga karate merupakan satu dari cabang beladiri yang menggunakan anggota tubuh sebagi perisai maupun senjata untuk melindungi diri dari ancaman-amcaaman yang bisa membahayakan diri sendiri. Didalam karate diperlukan komponen-komponen fisik yang baik agar dapat melakukan gerakan menangkis, menendang, memukul. Untuk mendapat kondisi yang baik, seseorang harus melakukan latihan-latihan agar otot-otot, sendi dan tulang dapat beradaptasi. Selain itu diperlukan juga asupan gizi yang cukup untuk terbentuknya tubuh yang kuat.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pandangan atlet terhadap pemakaian zat gizi kalsium dan penerapan dikehidupan sehari-hari dengan melakukan pengisian kuisioner yang akan diberikan pada 14 atlet karate PPLP dan PPLPD cabang olahraga karate provinsi Aceh. Dengan menggunankan teknik sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 14 atlet yang mana jumlahnya sama dengan populasi.
Pengolahan data pada penelitian ini memakai rumus tabulasi persentase diawali dengan mengumpulkan hingga analisis hasil. Hasil analisis data menunjukan bahwa perspektif atlet terhadap kalsium yaitu kalsium merupakan hal yang penting dalam olahraga karate. Makanan sebagai sumber kalsium yang dominan dikonsumsi atlet ialah daging, susu, dan buah-buahan dikarenakan mudah ditemukan pada lingkungan atlet. Adapun senpai/pelatih harus memberikan opsi tentang makanan sebagai sumber kalsium. mengkonsumsi suplemen kalsium diyakini oleh atlet akan berdampak terhadap prestasi atlet. Dalam penerapannya, atlet beranggapan kebuthan kalsium mereka sudah terpenuhi dikarenakan mereka dapat merasakan manfaat dari kalsium yang dikonsumsi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK