//

STUDI PENGGUNAAN AGREGAT KASAR RIKIT GAIB DAN COT GIREK TERHADAP KEKUATAN CAMPURAN BETON ASPAL AC-BC (ASPHALT CONCRETE - BINDER COURSE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang safli sanusi - Personal Name
SubjectASPHALT CONCRETE-ROAD ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Salah satu persyaratan agregat sebagai bahan susun lapis perkerasan campuran beton aspal adalah tidak bernilai abrasi lebih besar dari 40% (Anonim, 2010 : 6-34). Berdasarkan Laporan Mix Design Formula Laston Dinas Bina Marga Aceh 2011, nilai abrasi agregat dari quarry Rikit Gaib, Kabupaten Gayo Lues mendekati batas maksimal yaitu 39,7%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan campuran beton aspal Asphalt Concrete - Binder Course (AC-BC) melalui upaya mengurangi nilai abrasi agregat kasar dalam campuran serta untuk mengetahui pengaruh dari kombinasi antara agregat kasar quarry Rikit Gaib dan Cot Girek terhadap parameter Marshall dan durabilitas pada campuran beton aspal AC-BC sesuai spesifikasi Bina Marga tahun 2010. Gradasi yang digunakan berupa gradasi rapat dengan jumlah fraksi agregat kasar sebanyak 58,2%, fraksi agregat halus sebanyak 35,8% dan fraksi filler semen sebanyak 6% dan dibuat benda uji dengan tiga variasi persentase agregat yaitu agregat Rikit Gaib 100% (RG 100%), Rikit Gaib 55% : Cot Girek 45% (RG 55% : CG 45%) dan Cot Girek 100% (CG 100%). Prosedur pengujian dimulai dengan pemeriksaan sifat-sifat fisis bahan, kemudian perencanaan campuran benda uji, pembuatan benda uji dan pengujian Marshall untuk menentukan Kadar Aspal Optimum (KAO) dengan variasi kadar aspal 4,5%; 5,0%; 5,5%; 6%; dan 6,5%; pembuatan benda uji dan pengujian Marshall dengan menggunakan KAO untuk mencari durabilitas, dan terakhir evaluasi perhitungan parameter Marshall. Nilai KAO yang tertinggi didapat pada variasi RG 100% yaitu 5,975%; sedangkan KAO terendah pada variasi CG 100% yaitu 5,15%; sementara pada variasi agregat kasar RG 55% : CG 45% KAO yang didapat adalah 5,4%. Hasil penelitian Marshall dan durabilitas menunjukkan bahwa penggunaan agregat kasar Rikit Gaib dan Cot Girek dengan persentase agregat kasar RG 55% : CG 45% dapat meningkatkan stabilitas sebesar 34% dan durabilitas sebesar 16% dari campuran yang menggunakan persentase agregat Rikit Gaib 100%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PENGGUNAAN AGREGAT KASAR RIKIT GAIB DAN COT GIREK TERHADAP KEKUATAN CAMPURAN BETON ASPAL AC-BC (ASPHALT CONCRETE - BINDER COURSE) (safli sanusi, 2014)

PENGARUH PERBEDAAN NILAI ABRASI AGREGAT KASAR PADA CAMPURAN LASTON AC–BC TERHADAP PARAMETER MARSHALL MENGGUNAKAN ASPAL PEN 60/70 SEBAGAI BAHAN PENGIKAT(STUDI KASUS : AGREGAT KAB. GAYO LUES DAN AGREGAT KAB. ACEH UTARA) (FAISAL RIZAL, 2014)

KAJIAN CAMPURAN AGREGAT KASAR YANG BERBEDA ABRASI TERHADAP PARAMETER MARSHALL MENGGUNAKAN ASPAL PEN 60 / 70 UNTUK LASTON AC-WC(STUDI KASUS:RN(AGREGAT KAB, GAYO LUES DAN AGREGAT KAB, ACEH UTARA) (SUHERRY, 2014)

PENGARUH PERBEDAAN ABRASI PADA DUA LOKASI AGREGAT DENGAN PERBANDINGAN 60:40% TERHADAP PARAMETER MASHALL MENGGUNAKAN ASPAL PENETRASI 60/70 (Heri Yulihardi, 2014)

KAJIAN PENGARUH PERSENTASE AGREGAT KASAR BERBEDA QUARRY TERHADAP KEKUATAN ASPAL AC-BC (Ahmad Rosyidi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy