//

PENGARUH PUPUK ORGANIK DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sahrun Riza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Cabai merah merupakan komoditas hortikultural yang termasuk golongan sayuran rempah yang termasuk famili terung-terungan dan sebagai penyedap masakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian jenis pupuk organik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah dan untuk melihat pengaruh varietas terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah serta untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara jenis pupuk organik dan varietas cabai merah. Penelitian ini di laksanakan di kampung Tampeng Kecamatan Kuta Panjang Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2019. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial. Faktor yang diteliti terdiri dari dua faktor yaitu pupuk organik dan varietas. Faktor pertama jenis pupuk organik yang terdiri dari 3 taraf yaitu kontrol, pupuk kandang sapi dan pupuk kandang ayam, sedangkan faktor kedua varietas cabai merah yang terdiri dari 3 taraf yaitu Varietas TM-999, varietas Odeng dan varietas Lede Uwe gayo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pupuk organik berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah buah per tanaman dan berat buah per tanaman serta terdapat pengaruh yang nyata terhadap jumlah cabang produktif dan potensi hasil ton/ha, namun terdapat pengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman umur 15, 30 dan 45 hari setelah tanam dan diameter batang umur 15, 30 dan 45 hari setelah tanam. Pemberian pupuk organik pada berat buah per tanaman dan potensi hasil terbaik diperoleh pada pemberian pupuk kandang ayam. Sedangkan perlakuan varietas berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah cabang produktif, berat buah per tanaman dan potensi hasil, namun terdapat pengaruh yang tidak nyata terhadap tinggi tanaman umur 15, 30 dan 45 hari setelah tanam, diameter batang umur 15, 30 dan 45 hari setelah tanam dan jumlah buah per tanaman. Jumlah cabang produktif, berat buah per tanaman dan potensi hasil tanaman cabai merah terbaik diperoleh pada penggunaan varietas TM 999. Terdapat interaksi yang sangat nyata antara pupuk organik dengan varietas terhadap jumlah buah per tanaman, berat buah per tanaman dan terdapat interaksi nyata terhadap potensi hasil. Hasil tanaman cabai merah terbaik diperoleh pada kombinasi perlakuan pupuk kandang ayam dengan varietas TM 999. Kata kunci : Cabai Merah, Pupuk Organik, Varietas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PUPUK ORGANIK DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) (Sahrun Riza, 2020)

PENGARUH JENIS MIKORIZA DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) PADA TANAH ANDISOL BURNI TELONG KABUPATEN BENER MERIAH (AIDIL AULIA, 2020)

PENGARUH PUPUK ORGANIK GRANUL TERHADAP RNPERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN CABAI RAWIT RN(CAPSICUM FRUSTESCENS L.) (ismayana, 2014)

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK MUTIARA 16:16:16 TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI (CAPSICUM ANNUM L.) (arif munandar, 2013)

PENGARUH DOSIS KOMPOS LIMBAH BUBUK KOPI DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) (Jauhar Fuadi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy