//

PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TERHADAP MASUKNYA ROKOK TANPA PITA CUKAI DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IMAM MAUZAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK IMAM MAUZAL, 2020 PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TERHADAP MASUKNYA ROKOK TANPA PITA CUKAI DI KOTA BANDA ACEH Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (vii, 53)pp., tabl., bibl. Basri Effendi S.H., M.Kn., M.H. Pasal 82 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang kepabeanan menyebutkan bahwa pejabat bea dan cukai berwenang melakukan pengawsan atau pemeriksaan pabean atas barang impor atau barang ekspor sebagaimana ditunjuk oleh Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.01/2014 tentang tata organisasi dan tata kerja instansi vartikal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mempunyai tugas pokok berkaitan dengan lalu lintas barang masuk dan keluar daerah kepabeanan, namum pada kenyataannya pejabat bea dan cukai belum optimal melakukan pengawasan sehingga masih banyaknya rokok tanpa pita cukai yang masuk ke Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pelaksanaan pengawasan Bea dan Cukai dalam melakukan pengawasan terhadap masuknya rokok tanpa pita cukai di Kota Banda Aceh, kendala-kendala yang dihadapi Bea dan Cukai, dan upaya hukum yang dilakukan oleh Bea dan Cukai dalam melakukan pengawasan terhadap masuknya rokok tanpa pita cukai di Kota Banda Aceh . Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang bersifat yuridis empiria, yaitu suatu penelitian ilmiah untuk menemukan kebenaran berdasarkan penelitian pelaksanaan di lapangan dengan mengacu pada keilmuan hukum yang menggunakan metode pendekatan penelitian lapangan (field research) dan kepustakaan (library research). Penelitian lapangan dilakukan guna memperoleh dara primer melalui wawancara dengan responden dan informan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pengawasan yang dilakukan Bea Cukai terhadap peredaran rokok tanpa pita cukai belum dilaksanakan secara optimal, hal ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat akan kerugian negara. Disarankan kepada Bea dan cukai agar membina dan mengawasi secara aktif terhadap penyelundupan dan peredaran rokok tanpa pita cukai di Kota Banda Aceh, meningkatkan edukasi tentang bahayanya rokok tanpa pita cukai dan menerapkan sanksi tegas terhadap pelaku peredaran dan penyelendupan rokok tanpa cukai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TATA CARA PELUNASAN CUKAI TERHADAP BARANG KENA CUKAI HASIL PENGOLAHAN TEMBAKAU LAINNYA PADA KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN C BANDA ACEH (Nurizka Fitria, 2020)

PELAKSANAAN PENGAWASAN TERHADAP LALU LINTAS BARANG ELEKTRONIK OLEH BEA DAN CUKAI DI PELABUHAN BEBAS KOTA BATAM (ANGGUN NURUL IMAN, 2020)

PERAN KANTOR BEA DAN CUKAI DALAM MENGAWASI PEMASUKAN GULA ILLEGAL DI BANDA ACEH (Ratna, 2018)

PROSEDUR PEMUNGUTAN BEA MASUK DAN PAJAK DALAM RANGKA IMPOR (PDRI) ATAS PEMBERITAHUAN IMPOR BARANG KHUSUS (PIBK) BARANG IMPOR NON PERSONAL USE PADA KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN C BANDA ACEH (Alisa Syarafina, 2020)

TATA CARA PENERIMAAN DAN PELAPORAN PAJAK ROKOK PADA DINAS PENDAPATAN DAN KEKAYAAN ACEH (Dicka Wirnaldi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy